Lesti Kejora Hamil? Inilah Tanda Kehamilan di Minggu Pertama

tanda-kehamilan-minggu-pertama

Tanda-tanda kehamilan di minggu pertama sering diabaikan karena mirip dengan gejala PMS.

Belum genap sebulan melangsungkan akad nikah, Lesti Kejora sudah diisukan tengah hamil. Asal mula isu ini berawal ketika warganet melihat tampilan perut membuncit pada beberapa foto momen pengajian dan siraman Lesti. Benarkah perut buncit jadi tanda kehamilan di minggu pertama?

Kehamilan terjadi ketika sel telur yang dibuahi berhasil tertanam di lapisan rahim. Ini artinya ketika sperma berhasil membuahi sel telur masih diperlukan beberapa tahapan untuk kemudian sampai pada rahim. Waktu yang dibutuhkan agar sel telur yang dibuahi bisa tertanam dan bertahan di rahim adalah sekitar 2-3 minggu setelah berhubungan seksual. Lantas apakah ketika ini, tubuh langsung menunjukkan tanda-tanda kehamilan?

Baca Juga: Trik Meningkatkan Peluang Kehamilan di Masa Subur

Kebanyakan perempuan baru mencurigai dirinya hamil saat menyadari telat menstruasi. Bahkan pada beberapa perempuan meski sudah telat menstruasi tetap tidak menyadari telah terjadi kehamilan karena tidak merasakan tanda yang spesifik. Padahal sebenarnya ketika pembuahan terjadi, tubuh langsung mengeluarkan hormon human chorionic gonadotropin atau hCG yang disebut sebagai hormon kehamilan. Fungsinya adalah untuk mencegah lapisan rahim terlepas sehingga sel telur yang dibuahi bisa tertanam serta berkembang optimal di dalam rahim.

Hormon ini juga yang membuat tubuh mengalami beragam perubahan yang kemudian disebut sebagai tanda kehamilan awal. Hanya saja banyak perempuan yang tidak menyadari hal ini karena tanda kehamilan di minggu pertama mirip dengan tanda pre menstruation syndrome atau PMS. Inilah tanda kehamilan awal yang harus kamu kenali:

  1. Payudara terasa lebih berisi dan nyeri. Tanda ini memang mirip dengan tanda PMS, hanya saja kali ini terasa lebih nyeri. Hormon kehamilan langsung memerintahkan payudara untuk mempersiapkan kantong ASI di awal kehamilan untuk proses menyusui setelah melahirkan. Proses ini membuat aliran darah lebih meningkat ke payudara dan saluran susu pun mulai membesar. Inilah yang kemudian membuat payudara terasa lebih berisi dan nyeri. Tak hanya itu, payudara juga akan mengalami perubahan warna sejak awal kehamilan.
  2. Kram perut. Sel telur yang dibuahi sperma akan menempel di dinding rahim. Inilah yang kemudian membuat beberapa pembuluh darah di dinding rahim ikut rusak dan menyebabkan flek hingga kram perut. Flek atau bercak darah biasanya berwarna merah muda atau cokelat dan sering kali dipersepsikan sebagai darah menstruasi awal. Apalagi disertai dengan kram perut yang membuat tanda kehamilan awal ini sering tidak disadari.
  3. Mood swing. Percayalah kalau fluktuasi hormon estrogen dan progesteron yang terjadi selama kehamilan sangat mudah membuat kamu menjadi mood swing atau jadi cepat emosional dan sensitif.
  4. Lebih mudah lelah. Hormon progesteron yang meningkat selama kehamilan membuat tubuh kamu menjadi lebih mudah merasa lelah dan mengantuk, padahal tidak ada aktivitas berat yang dilakukan. Tubuh menjadi mudah lelah juga karena memerlukan lebih banyak energi untuk mempersiapkan kehamilan. Tanda kehamilan ini bisa dirasakan bahkan sejak seminggu setelah terjadinya pembuahan.
  5. Morning sickness alias mual-mual. Ini bisa dibilang tanda kehamilan yang paling mudah dikenali. Pada beberapa perempuan morning sickness terjadi hanya pada pagi hari, tapi tidak sedikit juga perempuan yang mengalami mual sepanjang hari. Lagi-lagi tubuh bereaksi seperti ini karena fluktuasi hormon yang terjadi sejak awal kehamilan.

Mengingat miripnya tanda kehamilan di minggu pertama dengan PMS, maka penting juga untuk kamu segera melakukan tes kehamilan. Bahkan Andalan Pregnancy Test memang difungsikan untuk mendeteksi awal kehamilan. Tingkat akurasinya pun mencapai 99.9% sehingga jika hasilnya positif hamil, kamu bisa segera memeriksakan diri ke dokter demi menjalani proses kehamilan sehat yang menyenangkan.

Baca Juga: Persiapan Menyusui Sejak Awal Kehamilan

Kalau kamu ingin tahu lebih detail lagi tentang bagaimana menjalani kehamilan yang sehat, langsung saja konsultasi ke HALO DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya