Lima Cara Ampuh Agar Tak Lupa Minum Pil KB Laktasi, Kontrasepsi Untuk Ibu Menyusui

pil kb laktasi

Salah satu jenis kontrasepsi yang banyak digunakan beberapa bulan pasca melahirkan adalah pil KB laktasi. Kontrasepsi untuk ibu menyusui yang satu ini memang terkenal akan keampuhannya dalam mencegah kehamilan. Karena bebas estrogen dan hanya mengandung hormon progesteron saja, meminumnya tidak mempengaruhi produksi ASI maupun kesehatan bayi (Phillips, Tepper, et al. 2016). Tak heran bila banyak yang mengandalkannya. Meskipun begitu, kendala umum yang sering dialami perempuan saat menggunakan pil KB laktasi adalah lupa. Padahal, untuk bisa efektif, pil KB laktasi harus diminum setiap hari pada jam yang sama. Berikut beberapa cara jitu agar kamu tak lupa minum pil KB laktasi.

Baca Juga: Ibu Menyusui bisa Menggunakan Pil KB Laktasi, lho! Apa Bedanya dengan Pil KB Biasa?

  • Buat pengingat di buku catatan atau di handphone
    Bila kamu memiliki to-do list, jangan lupa mencantumkan tugas untuk meminum pil KB di daftar kegiatan yang harus kamu lakukan. Kamu bisa menaruhnya di buku catatan atau di HP. Senyamannya saja, yang penting mudah dilihat. Bila menggunakan HP, nyalakan juga fitur alarm. Jadi, kamu nggak akan kelupaan minum pil.

  • Gabungkan dengan ritual lain yang sudah dilakukan setiap hari
    Punya ritual tertentu yang rutin kamu lakukan setiap bangun tidur atau justru sebelum tidur? Coba, deh, menggabungkan kegiatan minum pil KB dengan aktivitas harian kamu tersebut. Soalnya, akan lebih mudah mengingat sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan daripada membangun kebiasaan baru dari awal lagi. Misalnya, kamu bisa minum pil KB setiap kali selesai makan malam, setelah menyikat gigi, atau sebelum tidur. Jadi, ketika kamu mengingat ritual yang satu, kewajiban minum pil KB juga langsung muncul di benakmu.

  • Pilih waktu minum pil yang mudah kamu ikuti secara konsisten
    Bila kamu hanya sering bangun pagi di hari kerja, namun suka tidur lebih lama di akhir pekan, jangan minum pil di pagi hari. Pilihlah waktu minum pil yang cocok dengan jadwalmu. Misalnya, minum pil di malam hari.

  • Minta bantuan pasangan untuk mengingatkan
    Meski namanya adalah kontrasepsi untuk ibu menyusui, kenyataannya berkontrasepsi adalah kesepakatan dan tanggung jawab bersama. Jika ibu lupa minum pil dan mengalami kehamilan yang tidak direncanakan, ayah juga akan ikut pusing. Jadi, sebagai ibu, kamu juga bisa meminta pasangan mengingatkan untuk minum pil.

  • Tempatkan pil cadangan di tas bila bepergian
    Bila kamu memiliki mobilitas yang tinggi, sebaiknya siapkan pil cadangan di dalam tas yang paling sering digunakan. Pasalnya, pil KB laktasi tidak bisa dibeli dengan bebas. Kalau pil ketinggalan di rumah, kamu tidak bisa serta-merta membeli yang baru di apotek tanpa resep dokter. Oleh karena itu, memiliki pil cadangan sangat penting. Di mana pun kamu berada, kamu akan tetap bisa meminum pil pada jam yang tepat.

Baca Juga: Pahami Hal Ini Sebelum Menggunakan Pil Mini atau Pil Laktasi sebagai Metode KB di Bulan Puasa

Itulah lima cara ampuh agar tak lupa minum pil KB laktasi, kontrasepsi untuk ibu menyusui. Semoga kelima tips tadi bisa membantu kamu lebih optimal dalam merencanakan keluarga, ya! Selain itu, jika kamu masih punya pertanyaan lebih lanjut mengenai topik ini, kamu bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Tak perlu ragu untuk berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya