Lima Tips Membawa Menstrual Cup saat Traveling

menstrual-cup-saat-traveling

Bawalah cadangan menstrual cup saat traveling. Hmm apa lagi tipsnya?

Pasti sudah kangen banget ya ingin traveling lagi. Sabar dulu ya. Selama belum bisa traveling, kita bisa menabung dan merencanakan perjalanan berikutnya. Dan pastinya, melakukan persiapan yang lebih matang. Termasuk mempersiapkan diri lebih baik seandainya nanti berlibur saat haid. Misalnya, bagaimana membawa menstrual cup saat traveling.

Baca Juga: Tips Nyaman Memakai Menstrual Cup saat Tidur Semalaman

Memakai menstrual cup saat traveling memang sangat nyaman! Kamu gak perlu repot ganti pembalut tiap 4 jam dan mencucinya, tidak ada rasa lembab di bawah sana, tak perlu khawatir darah haid ‘bocor’ ke pakaian, dan asiknya lagi, bisa berenang. Liburan ke laut tak perlu lagi khawatir bila mendadak haid.

Tips Membawa Menstrual Cup saat Traveling

  1. Simpan dengan baik
    Tentu, kamu ingin menstrual cup selalu bersih dan siap pakai. Simpan dan bawalah menstrual cup dalam kantong serut bersih yang terbuat dari bahan lembut dan memiliki sirkulasi udara yang baik, misalnya katun. Kantong akan menjaga menstrual cup tetap bersih, dan melindunginya dari gesekan. Beberapa merk menyertakan kantong serut sendiri saat kamu membeli menstrual cup. Ini bisa kamu pakai saat traveling.

  2. Siapkan cadangan
    Sebaiknya, bawalah lebih dari satu menstrual cup saat traveling. Cadangan penting untuk mengantisipasi seandainya kamu tidak bisa mencucinya dengan baik menggunakan air bersih. Terutama bila kamu traveling dalam waktu lama, atau traveling ke alam bebas misalnya naik gunung. Toh, menstrual cup sangatlah mungil dan ringan, sehingga tidak menghabiskan tempat di backpack/koper kamu, dan tidak menambah beban bawaan.

  3. Bawa pembersih
    Jangan lupa, bawa serta pembersih khusus yang biasa kamu pakai untuk membersihkan menstrual cup. Beberapa merk biasanya juga mempunyai pembersih sendiri. Yang pasti, gunakan pembersih yang tidak engandung minyak, pewangi, dan sabun (deterjen).

  4. Jangan lupa air mineral
    Tak kalah penting, siapkan selalu sebotol air mineral saat kamu hendak membersihkan menstrual cup di toilet umum. Setelah membuang isinya (lakukan hati-hati ya, jangan sampai menstrual cup jatuh ke kloset), cucilah menstrual cup dengan air mineral dan pembersih khusus, sebelum memakainya lagi. Setelah tiba di penginapan kamu bisa mencucinya lebih baik, atau sekalian mensterilkannya dengan air mendidih.

    Bagaimana bila traveling ke gunung? Kamu bisa membuat lubang kecil di tanah, seperti yang biasa dilakukan untuk mengubur sampah organik. Buanglah darah di dalam menstrual cup ke lubang tersebut. Setelah itu cuci menstrual cup dengan air mineral dan pembersih khusus, sebelum memakainya kembali. Ingat, cucilah dulu tanganmu sebelum memasang menstrual cup ya.

  5. Bawa tisu khusus
    Bawalah tisu khusus untuk membersihkan menstrual cup, kalau kamu memilikinya. Ini akan sangat praktis saat kamu perlu membersihkan menstrual cup di toilet umum. Jadi tidak perlu repot membersihkan dengan air mineral dan pembersih khsuus.

  6. Kosongkan sebelum perjalanan jauh
    Bila kamu haid ketika harus menempuh perjalanan jauh misalnya dengan pesawat, bus, atau kapal laut, kosongkanlah dulu menstrual cup sebelum berangkat. Dengan begini, kamu tidak perlu mengosongkan menstrual cup di toilet umum hingga 12 jam kemudian.

    Ada tips tersendiri bila kamu harus mengosongkan menstrual cup di pesawat. Ini memang cukup tricky, mengingat toilet pesawat sangat kecil. Kamu harus ekstra hati-hati saat melepas menstrual cup, dan menuangkan isinya ke kloset. Pastikan kamu menuangkan darah tepat ke lubang kloset dan tidak mengenai dinding kloset, karena WC pesawat berbeda dengan WC pada umumnya. Darah yang mengenai dinding kloset, bisa saja tidak “tersiram”, jadi tuangkan darah tepat di lubang kloset ya.

    Jangan lupa, bawa air mineral ke toilet, untuk membersihkan menstrual cup. Sebaiknya tidak menggunakan air di toilet karena takutnya kurang higienis. Bila kamu punya tisu khusus, akan jauh lebih mudah dan praktis. Begitu sampai di penginapan, segeralah cuci menstrual cup dengan baik.

Baca Juga: Ketika Menstrual Cup Berbau dan Bernoda, Apa yang Harus Dilakukan?

Masih punya pertanyaan soal pil KB laktasi? Kamu bisa berkonsultasi ke Halo DKT, dengan menghubungi Halo DKT di nomor WhatsApp 0811-1-326459, atau melalui link: https://bit.ly/halodktwhatsapp, pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Jangan khawatir karena segala informasi yang kamu sampaikan bersifat rahasia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya