Tips Nyaman Memakai Menstrual Cup saat Tidur Semalaman

Menstrual cup saat tidur

Aman kok pakai menstrual cup saat tidur malam. Yuk simak tipsnya agar nyaman dan bebas ‎bocor.‎

Pakai menstrual cup saat tidur semalaman, memangnya aman? Sangat! Malah bisa ‎lebih nyaman karena kamu tak perlu khawatir bocor ketika lagi enak tidur, karena ‎menstrual cup bisa menampung darah haid sampai 12 jam. Bangun pagi pun tak perlu repot ‎mencuci pakaian dalam dan sprei terkena darah haid yang bocor karena pembalut bergeser ‎atau terlipat saat tidur. Asyik kan?‎

Baca Juga: Enam Hal Seputar Menstrual Cup yang Harus Dihindari

Masih ragu memakai menstrual cup saat tidur? Ini tiga tips yang bisa kamu lakukan, ‎agar merasa lebih nyaman.

  1. Pakai ukuran yang sesuai

    Tentunya, kamu harus memakai menstrual cup dengan ukuran yang sesuai untukmu. Tipsnya bisa kamu baca di sini. Kenali pula sebanyak apa darah menstruasi kamu, terutama di malam hari. Bila kamu merasa darah haid kamu sangat banyak, kamu bisa memeprtimbangkan ukuran cup yang agak besar, atau yang lebih panjang sehingga bisa menampung darah semalaman. Tentu tetap memperhatikan ukuran dan panjang vaginamu ya, agar nyaman dan bebas risiko bocor saat tidur. Percuma pakai menstrual cup ukuran lebih besar, tapi tidak pas dengan vagina kamu.

  2. Kosongkan menstrual cup sebelum tidur

    Menstrual cup bisa dipakai selama 12 jam. Nah agar perlindungan menstrual cup saat tidur optimal, kosongkanlah dulu sebelum tidur ya. Tentu kamu tidak mau kan, menstrual cup penuh saat kamu sedang tidur nyenyak, lantaran isinya tidak kamu kosongkan dulu sebelum tidur. Mengosongkan isi menstrual cup dan membersihkannya, bisa kamu jadikan sebagai bagian dari rutinitas sebelum tidur, selain menyikat gigi dan mencuci muka.

  3. Pakai proteksi ganda

    Ada kalanya darah haid tetap bocor dengan pemakaian menstrual cup saat tidur. Ini bisa saja terjadi karena menstrual cup mungkin saja bergeser ketika kamu tidur, atau darah haid kamu sangat banyak dan deras. Kamu bisa pakai proteksi ganda, misalnya dengan memakai pembalut atau celana dalam khusus haid, meski sudah memakai menstrual cup.

Jangan Panik kalau…

Bangun pagi mau lepas menstrual cup, kok ‘hilang’? Tenang, jangan panik. ‎Menstrual cup yang kamu pakai tidak ke mana-mana kok. Tidak mungkin masuk ke rahim ‎ataupun pindah ke bagian tubuh lain. Yang mungkin terjadi, menstrual cup terlipat ke atas, ‎sehingga tidak langsung kamu ‘temukan’ saat hendak melepasnya.‎

Ketika tidur, otot-otot vagina yang menahan menstrual cup kadang menjadi lebih ‎rileks, sehingga menstrual cup bisa sedikit bergeser posisinya, atau terlipat. Untuk ‎mengembalikannya ke posisi semula, kamu bisa coba cara berikut. Tarik napas panjang, ‎hembuskan napas, lalu cobalah merilekskan otot dasar panggul dengan cara seperti yang ‎kamu lakukan saat hendak buang air kecil.

Sudah merasa rileks? Sekarang ambil posisi yang nyaman; bisa sambil berdiri, duduk ‎di kloset, atau jongkok; tahan dengan perutmu, lalu pelan-pelan masukkan ibu jadi dan ‎telunjuk ke vagina, hingga kamu merasakan tangka menstrual cup. Ingat, lakukan rangkaian ‎proses ini dengan rileks dan tenang ya.‎

Untuk melepas menstrual cup, tarik batangnya pelan-pelan ke samping, sampai ‎kamu bisa menjepit dasar cup dengan kuat, untuk melepaskan udara di dalamnya. Remas ‎cup dengan perlahan sambil menggerakkannya ke kanan-kiri untuk melepaskannya dari ‎otot-otot yang menahannya. Setelah terlepas, pegang cup dalam posisi lurus, agar isinya ‎tidak tumpah. Lalu, darah haid di dalam cup tinggal kamu buang ke toilet.

Baca Juga: Cara Memakai Menstrual Cup dengan Nyaman

Bila ingin berkonsultasi dengan profesional seputar masalah menstruasi, kamu bisa ‎berkonsultasi ke Halo DKT, dengan menghubungi Halo DKT di nomor WhatsApp 0811-1-‎‎326459, atau melalui link: https://bit.ly/halodktwhatsapp, pada hari Senin hingga Jumat ‎pukul 09.00 – 16.30 WIB. Jangan khawatir karena segala informasi yang kamu sampaikan ‎bersifat rahasia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya