Lupa Minum Pil KB Satu Kali, Apakah Ada Kemungkinan Hamil?

Lupa minum pil KB

Pil KB merupakan kontrasepsi yang praktis dan memiliki banyak manfaat. Namun, kekurangan dari metode kontrasepsi ini adalah sering terjadi lupa meminumnya atau terlewat jadwalnya.

Lantas, jika kita terlewat minum pil KB satu kali apakah peluang untuk hamil jadi besar?

Baca Juga: Agar Tidak Lupa Minum Pil KB, Ini Tujuh Tipsnya

Pada dasarnya jenis pil KB yang kita konsumsi berpengaruh. Jika kita hanya lupa minum pil satu kali jenis pil kombinasi (mengandung hormon estrogen dan progestin) seperti pil KB Andalan, dan kita selalu konsisten minum di jam yang sama, tenang saja. Risiko kehamilan tetap rendah.

Jika pil KB kombinasi diminum secara konsisten, maka akan dihasilkan aliran obat yang stabil yang dapat mempertahankan dosis yang dibutuhkan untuk menghentikan ovulasi. Tidak ada ovulasi berarti tidak ada kehamilan.

Bagaimana dengan pil KB dosis tunggal atau yang mengandung progestin saja? Peluang proteksinya memang lebih kecil. Jika kita lupa minum pil ini satu kali, coba cari tahu alternatif cadangannya.

Perlu dipahami, tidak ada pil KB yang 100 persen efektif. Jadi, tetap saja ada peluang kehamilan apa pun jenis pil yang diminum.

Agar metode kontrasepsi ini memberi perlindungan yang diharapkan, ingatlah untuk mengkonsumsinya setiap hari pada jam yang sama. Dengan begitu pil KB dapat efektif sampai 99 persen.

Efektivitasnya bisa turun ke 91 persen jika kita lupa satu kali. Ini adalah hal yang wajar sebenarnya. Bahkan, survei tahun 2015 yang dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan sekitar 15 persen pengguna kontrasepsi ini mengaku terlewat minum satu kali pada bulan sebelumnya.

Lakukan ini

Jika kita terlewat minum pil satu kali, segeralah minum sekarang juga begitu menyadari terlupa. Lalu, lanjutkan minum pil KB seperti jadwal biasanya.

Bila yang terlewat itu adalah pil placebo (tidak berisi hormon), lewatkan saja. Pil ini tidak mengandung hormon sehingga tidak bermanfaat untuk mencegah ovulasi.

Bila sudah melakukan hubungan seks dan terlewat, tidak perlu panik. Mengkonsumsi kontrasepsi darurat (postpil) bisa menjadi solusi jika insiden kelupaan itu terjadi di awal siklus haid atau minggu terakhir siklus. Sekali lagi, rencana cadangan ini diperlukan jika jenis pil KB nya adalah pil kombinasi.

Baca Juga: Sampai Berapa Lama Kita Boleh Gunakan Pil KB?

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya