Masturbasi Bikin Rambut Rontok?‎

Masturbasi bikin rambut rontok

Ada berbagai perspektif di masyarakat seputar kebiasaan melakukan masturbasi. Salah ‎satunya kaitan masturbasi dengan kerontokan rambut. Benarkah masturbasi bikin rambut ‎rontok? Temukan jawabannya di bawah ini.

Banyak teori seputar masturbasi yang coba dikaitkan dengan berbagai problem kesehatan ‎tubuh. Salah satunya teori tentang kekurangan protein, dan teori tentang perubahan ‎hormon testosteron yang memicu terjadinya kerontokan rambut.

Baca Juga: Penting Pahami Efek Samping Masturbasi

Mitos ini mungkin berawal dari fakta yang menyebutkan bahwa air mani mengandung ‎protein tingkat tinggi, sehingga setiap kali ejakulasi, tubuh kehilangan banyak protein yang ‎sesungguhnya protein tersebut dapat digunakan untuk pertumbuhan rambut.

Jumlah kandungan protein

Kendati benar bahwa air mani mengandung tinggi protein, sekitar 5,04 gram protein per ‎‎100 ml. Namun setiap ejakulasi seorang pria rata-rata hanya mengeluarkan 3,3-3,7 ml air ‎mani. Jumlah tersebut jelas relatif lebih kecil.

Teori lain menyebutkan bahwa masturbasi dapat meningkatkan kadar hormon testosteron, ‎yang pada gilirannya menyebabkan meningkatnya kadar hormon dihydrotestosterone (DHT) ‎yang terkait dengan kerontokan rambut.

Namun, penelitian tahun 2001 menunjukkan bahwa pria dewasa sebenarnya mengalami ‎peningkatan kadar testosteron setelah tidak melakukan masturbasi selama rentang waktu 3 ‎minggu. Ini artinya bahwa level testosteron mungkin meningkat ketika seseorang ‎menghindari ejakulasi.

Dalam kedua kasus tersebut tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa masturbasi ‎meningkatkan kadar DHT.

Yang pasti tidak ada bukti ilmiah yang menyebutkan masturbasi menyebabkan kerontokan ‎rambut.

Jadi ketika ada orang lain yang mengklaim bahwa masturbasi bisa menyebabkan ‎kerontokan rambut, kamu bisa menyanggahnya dengan fakta-fakta yang sudah dipaparkan ‎di atas.

Baca Juga: Atasi Gangguan Cemas karena Masturbasi‎

Jika kamu mengalami problem seksual terkait masturbasi atau kondisi lainnya, kamu bisa ‎berkonsultasi dengan dokter ahli melalui melalui Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau ‎klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya