Perlukah Berhenti Sementara Saat Minum Pil KB?

Berhenti minum pil kb

Metode kontrasepsi untuk menunda kehamilan seperti pil KB memang harus terus dikonsumsi setiap hari dalam jangka panjang. Ada mitos yang menyebut bahwa kita sebaiknya berhenti sementara setelah beberapa waktu minum pil KB.

Menurut mitos itu, jeda sementara dari pil KB diperlukan agar hormon tubuh “kembali normal”. Benarkah demikian?

Baca Juga: Lupa Minum Pil KB Satu Kali, Apakah Ada Kemungkinan Hamil?

Pada dasarnya tidak ada alasan medis mengapa kita harus berhenti sementara minum pil KB.

Pertama-tama kita harus memahami apa yang terjadi pada tubuh ketika menggunakan kontrasepsi hormonal (pil KB, koyo, atau cincin vagina). Tubuh akan mendapatkan dosis estrogen dan progestin secara stabil untuk mencegah kehamilan.

Estrogen menekan ovulasi dengan menghambat pengeluaran hormon yang bertanggung jawab untuk memulai rantai peristiwa reproduksi. Sementara itu, progestin bekerja dengan mempersulit sperma yang akan berenang ke rahim dan memastikan sel telur tidak dibuahi.

Ketika kita berhenti minum pil KB, maka efek tersebut segera berhenti dan hormon-hormon akan dikeluarkan dari sistem dalam hitungan hari.

Dengan kata lain, kita tidak perlu “berhenti sementara” dari pil KB setiap beberapa waktu, kecuali jika kita memang tak ingin memakai kontrasepsi ini lagi atau ada alasan medis lainnya.

Jangan lupa juga bahwa manfaat pil KB lebih dari sekadar mencegah kehamilan yang tidak direncanakan. Banyak yang tidak sadar bahwa kontrasepsi ini membantu menghilangkan jerawat ataupun nyeri haid yang biasanya datang setiap bulan. Keluhan ini bisa kembali lagi ketika kita berhenti minum pil KB.

Pada kebanyakan kasus, ketika berhenti minum pil KB maka menstruasi akan kembali seperti sebelumnya (bisa saja sebelumnya tidak lancar atau perdarahannya berat).

Pil KB dapat membantu mengontrol perdarahan yang banyak saat haid sehingga menstruasi lebih ringan dan lebih teratur.

Baca Juga: Manfaat Menunda Menstruasi dengan Pil KB

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya