Mengenal Perbedaan KB Suntik 1 Bulan, 2 Bulan, dan 3 Bulan

Mengenal perbedaan KB suntik

Saat ini terdapat tiga pilihan kontrasepsi suntik, yaitu tiap 1 bulan, 2 bulan, dan 3 bulan. Apa saja perbedaanya?

KB suntik termasuk dalam kontrasepsi hormonal yang bertujuan untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan.

Baca Juga: Minum Pil KB sekaligus Mencegah Anemia, Bisa Banget!

Metode kontrasepsi ini termasuk populer di Indonesia. Data SDKI 2017 menunjukkan ada 29% perempuan menikah berumur 15 hingga 49 tahun di Indonesia pengguna KB suntik. Harganya pun relatif terjangkau.

Pada dasarnya cara kerja KB suntik mirip dengan pil KB, yakni mencegah ovulasi dan mengentalkan cairan di leher rahim sehingga tidak bisa dilalui sel sperma. Bedanya tentu saja tidak perlu minum pil setiap hari.

Secara umum KB suntik memiliki tingkat efektivitas mencapai 99 persen. Untuk mencapai efektivitas tersebut, akseptor KB harus mendapatkan suntikan sesuai jadwal tanpa terlambat.

Pilihan untuk KB suntik seperti yang dimiliki Andalan cukup lengkap, ada yang tiap satu bulan sekali, dua bulan sekali, dan tiga bulan sekali dengan dosis hormone progestin yang bisa dipilih.

Yuk, cari tahu lebih lengkap tentang masing-masing jenis KB suntik ini.

  1. KB suntik satu bulan

    Kontrasepsi ini berisi hormone progestin dan estrogen sehingga sering disebut juga dengan KB suntik kombinasi.
    Untuk KB suntik Andalan, komposisinya adalah 50 mg Medroxprogesteron Acetate (hormone progestin) dan 10 mg Estradiol Cypionate (hormone estrogen).

    Kelebihan dari KB suntik satu bulan adalah tidak mengganggu siklus haid dan setelah suntik dihentikan, tingkat kesuburan kembali normal.

    Kekurangannya adalah harus rajin datang ke bidan atau dokter untuk mendapatkan suntikan, serta tidak bisa dipakai oleh wanita berusia di atas 35 tahun.

  2. KB suntik dua bulan

    KB suntik dua bulan merupakan pilihan terbaru dalam metode kontrasepsi suntik. KB Andalan Gestin F2 merupakan yang pertama di Indonesia.
    Kontrasepsi ini juga memiliki kombinasi hormone progesterone dan estrogen dengan komposisi 65 mg Medroxyprogesterone Acetate (hormone progestin) dan 7,5 mg Estradiol Cypionate (hormone estrogen).

    Mekanisme kerjanya ada sebagai berikut: Mencegah pematangan dan pelepasan sel telur, menebalkan cairan lendir pada leher rahim agar lebih sulit dilalui oleh sperma, dan menipiskan lapisan endometrium agar sel telur tidak dapat menempel bila masih terjadi pembuahan sel telur oleh sperma.

  3. KB suntik 3 bulan

    Ini merupakan KB suntik yang hanya berisi hormone progestin. Metode ini cocok untuk ibu yang masih menyusui karena tidak mengganggu produksi ASI.
    Walau demikian KB suntik 3 bulan dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur atau bahkan tidak haid sama sekali. Selain itu sebagian wanita merasa nafsu makannya meningkat setelah mendapatkan kontrasepsi ini.

Baca Juga: Jangan Percaya Mitos Pil KB Bikin Gemuk

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya