Menoragia atau Menstruasi Lama, Apakah Berbahaya?

menstruasi

Umumnya, periode menstruasi berlangsung antara tiga hingga tujuh hari. Periode menstruasi yang berlangsung lebih dari tujuh hari dianggap sebagai periode menstruasi yang lama atau panjang. Apa penyebab menstruasi lama ya kira-kira?

Dokter mungkin menyatakan menstruasi yang berlangsung lebih dari seminggu sebagai menoragia. Kamu juga dapat didiagnosis dengan menoragia jika mengalami pendarahan hebat yang tidak biasa yang berlangsung kurang dari seminggu. Sekitar 5% wanita mengalami menoragia.

Baca Juga: Tidak Benar Minum Minyak Kelapa Bisa Mempersingkat Menstruasi

Penyebab Menoragia atau Menstruasi Lama

Menoragia dapat menyebabkan ketidaknyamanan selama menstruasi serta mengganggu rutinitas harian kamu dan juga mengganggu kualitas tidur. Dampak menstruasi lama lainnya adalah risiko anemia defisiensi zat besi, terutama jika menstruasinya juga berat.

Menstruasi lama merupakan tanda dari kondisi kesehatan yang serius, di antaranya:

  1. Perubahan hormon dan ovulasi
    Perubahan hormon atau ovulasi dapat menyebabkan menstruasi sedikit lebih lama. Pengaruh hormon ini biasa terjadi di awal masa pubertas atau perimenopause. Di luar itu, ketidakseimbangan hormon disebabkan berbagai kondisi kesehatan, seperti gangguan tiroid atau sindrom ovarium polikistik (PCOS).

    Jika hormon tidak normal atau jika tidak terjadi ovulasi selama siklus menstruasi, lapisan rahim bisa menjadi sangat tebal. Ketika tubuh kamu akhirnya melepaskan lapisan ini, maka kamu mungkin mengalami menstruasi yang berat dan lebih lama dari biasanya.

  2. Pengaruh obat-obatan dan kontrasepsi
    Jika kamu tengah mengonsumsi obat secara rutin, dan menstruasi menjadi lama, kemungkin obat-obat tersebut penyebabnya. Misalnya aspirin dan obat pengencer darah, dan juga obat anti-peradangan.

    Kontrasepsi, seperti alat kontrasepsi dalam rahim dan pil KB juga bisa mempengaruhi menstruasi, termasuk membuat menstruasi lama.

  3. Kehamilan
    Meskipun sebenarnya bukan menstruasi, perdarahan vagina yang berkepanjangan mungkin merupakan tanda kehamilan yang disertai keguguran. Kondisi kehamilan yang berisiko menyebabkan perdarahan misalnya plasenta previa dan hamil ektopik.
  4. Fibroid atau polip rahim
    Fibroid dan polip rahim dapat menyebabkan perdarahan yang berkepanjangan, dan terkadang berat. Fibroid terjadi ketika jaringan otot tumbuh di dinding rahim.

    Polip juga merupakan hasil dari pertumbuhan jaringan yang tidak nomal di dalam rahim dan menyebabkan tumor kecil tumbuh di sana. Umumnya, baik fibroid maupun polip tidak bersifat ganas, alias bukan kanker.

  5. Adenomiosis
    Adenomiosis adalah sejenis pertumbuhan jaringan. Kondisi ini terjadi ketika endometrium atau lapisan rahim, tumbuh ke dalam otot-otot rahim. Ini dapat menyebabkan menstruasi yang lama, panjang, atau berat.
  6. Kegemukan
    Kelebihan berat badan dapat menyebabkan menstruasi lama. Itu karena jaringan lemak dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak estrogen. Kelebihan estrogen ini dapat menyebabkan perubahan pada menstruasi.
  7. Penyakit radang panggul
    Penyakit radang panggul (PID) terjadi ketika bakteri menginfeksi organ reproduksi. Selain menyebabkan perubahan siklus menstruasi, PID juga dapat menyebabkan keputihan abnormal dan gejala lainnya.
  8. Kanker
    Kanker di organ reproduksi dapat menimbulkan gejala menstruasi lama, misalnya kanker di rahim atau leher rahim. Bagi beberapa wanita, menstruasi lama di luar kebiasaan menjadi gejala paling awal yang ditemukan.

Kapan harus ke dokter?

Jangan abaikan menstruasi yang tidak biasa. Penting untuk menemui dokter segera. Menunda diagnosis dapat menyebabkan memburuknya kondisi. Apalagi jika menstruasi yang berkepanjangan disertai gejala lain seperti gumpalan darah yang besar hingga kamu perlu mengganti pembalut atau tampon satu hingga dua kali per jam, dan kamu menjadi lemas karena kehilangan banyak darah.

Baca Juga: Menstruasi Normal Berapa Hari?

Bahkan tanpa menunggu gejala berat, masalah ringan seputar menstruasi juga bisa kamu konsultasikan ke ahlinya. Ke mana? Ke Halo DKT saja! Kamu bisa berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomor Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 dan juga link bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya