Menstrual Cup Menyebabkan Hernia, Masak Sih?

menstrual-cup-menyebabkan-hernia

Masih ada kecurigaan, menstrual cup menyebabkan hernia. Hal ini belum dibuktikan oleh studi. Untuk amannya, lepaslah menstrual cup dengan benar.

Mungkin kamu pernah membaca soal dua orang perempuan di Inggris yang mengalami prolaps (hernia) setelah memakai menstrual cup. Artikel-artikel yang menulis tentang hal ini menyebut, informasi mengenai cara melepas menstrual cup seringkali keliru. Misalnya saran untuk mengejan untuk menurunkan menstrual cup agar mudah diraih oleh jari. Hal ini bisa melemahkan otot dasar panggul. Tapi apakah benar menstrual cup menyebabkan hernia?

Baca Juga: Pertanyaan yang Paling Sering Muncul Tentang Menstrual Cup

Betulkah Menstrual Cup Menyebabkan Hernia?

Hingga saat ini, belum ada studi ilmiah yang membuktikan bahwa menstrual cup menyebabkan hernia. Sebuah laporan yang dipublikasi di The Lancet meninjau 43 studi seputar menstrual cup, dengan total 3.300 perempuan. Dalam laporan tersebut, disimpulkan bahwa menstrual cup adalah pilihan yang aman. Hernia terjadi akibat tekanan intra abdomen. Misalnya hamil, melahirkan, sering mengangkat barang berat, obesitas, atau terlalu sering bersin/batuk/tertawa.

Lalu, bagaimana dengan cerita dua perempuan tadi? Bisa jadi, mereka sudah memiliki masalah pada otot dasar panggul sebelumnya. Bagaimanapun, penggunaan menstrual cup secara massal masih relatif baru, meski alat ini telah diciptakan pada 1932. Masih banyak kesalahpahaman mengenai menstrual cup, dan mungkin juga pemakaian yang kurang tepat, khususnya saat melepasnya.

Lubang pada mulut menstrual cup berfungsi untuk menciptakan segel dengan dinding vagina. Jangan menarik batang menstrual cup. Selain bisa merusaknya, juga akan menarik otot-otot vagina dan dasar panggul ke bawah. Inilah yang bisa berbahaya. Segel pada mulut vagina harus dibuka dulu, dengan cara memijat bagian dasar menstrual cup, atau melepaskan segel pada mulut menstrual cup perlahan menggunakan jari. Barulah perlahan mengeluarkannya dari vagina.

Seperti telah disebutkan, saran untuk mengejan agar menstrual cup turun sehingga lebih mudah dilepas, sebaiknya dihindari. Hal ini kurang baik, karena mengejan bisa melemahkan otot dasar panggul. Lepaslah menstrual cup dengan cara yang benar, untuk menghindari risiko otot dasar panggul jadi lemah.

Nah bila menstrual cup kamu sering ‘lolos’ hingga jatuh ke bukaan vagina, coba cek ke dokter. Bisa jadi, itu tanda bahwa otot-otot dasar panggul lemah. Jangan diabaikan ya. Otot dasar panggul yang lemah tidak bisa menyokong organ-organ panggul dengan baik, sehingga bisa berujung pada hernia. Bila masih ringan, hernia bisa diatasi dengan memperkuat otot-otot dasar panggul. Misalnya dengan senam Kegel, latihan squat, bridge pose, dan memakai bola Kegel. Dokter akan membantumu melakukan latihan-latihan yang dibutuhkan, dan memandumu agar melakukannya dengan tepat.

Baca Juga: Berapa Lamakah Masa Pakai Menstrual Cup?

Kesimpulannya, tidak benar menstrual cup menyebabkan hernia. Justru sebenarnya, menstrual cup bisa membantu mendorong organ-organ panggul kembali ke posisi yang stabil pada kasus hernia ringan, seperti fungsi pesari.

Untuk berkonsultasi seputar permasalahan menstruasi dan kesehatan organ reproduksi, kamu bisa berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi Halo DKT di nomor WhatsApp 0811-1-326459, atau melalui link: https://bit.ly/halodktwhatsapp, pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Jangan khawatir karena segala informasi yang kamu sampaikan bersifat rahasia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya