Menstruasi Pertama para Belia

Menstruasi pertama para belia

Masih ingat kapan menstruasi pertama kali kamu alami?

Menstruasi merupakan fase terakhir dari pubertas seorang gadis remaja. Masa pubertas pada remaja wanita terjadi dalam rentang usia 8-13 tahun. Atau paling lambat pubertas ini terjadi di usia 16 tahun.

Baca Juga: Siklus Normal Menstruasi Lancar‎

Yang pasti, setiap individu memiliki waktunya sendiri. Sebab setiap tubuh berbeda satu sama lain. Jadi kamu tidak perlu membandingkan kapan menstruasi pertama kali dengan kawan-kawan sebaya.

Pubertas disebut juga periode transisi tubuh dari anak-anak beranjak menjadi dewasa. Berbagai perubahan fisik terjadi di masa ini. Menstruasi pertama biasanya menjadi momentum penting bagi remaja. Inilah pertanda bahwa dirinya bukanlah anak-anak lagi.

Sebelumnya ada sejumlah tanda-tanda yang menjadi isyarat bahwa menstruasi akan datang sebentar lagi. Di antaranya:

  • Pertumbuhan payudara yang semakin membesar dan membuatnya harus menggunakan bra.
  • Munculnya bulu-bulu halus di area ketiak dan area genital
  • Keluarnya keputihan dari vagina
  • Membesarnya area pinggul

Menstruasi terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Hormon membuat dinding rahim menjadi lebih tebal atau menumpuk dan sel telur siap untuk dibuahi. Jika tidak terjadi pembuahan atau ovulasi, maka akan luruh menjadi darah yang keluar dalam bentuk menstruasi setiap bulannya.

Pada masa awal menstruasi, tidak semua remaja belia mengalaminya secara teratur. Hal ini sangat wajar, biasanya setelah 2-3 tahun berlalu, siklus menstruasi baru terjadi secara normal setiap bulannya.

Durasi menstruasi setiap individu juga berbeda. Rentang waktunya biasanya terjadi selama lima hari. Ada yang kurang dari lima hari, bahkan ada yang lebih lama setiap bulannya.

Menstruasi merupakan proses alami tubuh yang akan terjadi dalam siklus bulanan. Karena itu, menstruasi tak jadi alasan untuk menghambat aktivitas dan rutinitas. Pastikan tubuh tetap sehat selama menstruasi dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat bergizi dan istirahat yang cukup.

Baca Juga: Lima Drama Saat Menstruasi Tiba‎

Jika ada keluhan seputar menstruasi yang kamu alami, jangan ragu untuk bertanya kepada para ahlinya. Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya