Mungkinkah Tanda Kehamilan Bisa Dikenali Sebelum Terlambat Menstruasi?

kehamilan menstruasi

Gejala awal kehamilan memang kadang tumpang tindih dengan perubahan hormonal di tubuh. Terlambat menstruasi adalah tanda kehamilan yang paling mudah dan pertama kali dikenali. Namun, apakah bisa tanda kehamilan diketahui sebelum terlambat menstruasi?

Ternyata jawabannya bisa. Ya, tanda kehamilan mungkin saja dirasakan di tahap sangat dini, ketika kamu belum menyadari sudah terlambat menstruasi. Namun, umumnya seorang perempuan tidak menganggapnya sebagai tanda kehamilan, hanya perubahan hormonal menjelang menstruasi.

Baca Juga: Kehamilan Kosong Itu Seperti Apa?

Tanda Kehamilan Bisa Dikenali Sebelum Terlambat Menstruasi

Berikut ini beberapa tanda kehamilan dini, yang mungkin saja dirasakan sebagian wanita:

  1. Adanya Bercak
    Beberapa wanita mengalami bercak merah muda atau coklat tua sekitar 10-14 hari setelah pembuahan. Inilah yang sering disebut “pendarahan implantasi” yakni saat embrio menempel pada dinding rahim. Pendarahan yang sangat ringan ini (hampir tidak perlu sampai menggunakan pembalut) biasanya hanya berlangsung beberapa jam atau paling lama dua hari.
  2. Payudara nyeri
    Meningkatnya kadar hormon pada awal kehamilan dapat menyebabkan payudara terasa kencang dan nyeri. Tanda ini dapat terjadi pada awal satu atau dua minggu setelah kamu hamil, atau di minggu ketiga dan keempat kehamilan. Bagi sebagian wanita, ini adalah salah satu tanda kehamilan yang pertama kali dikenali.

    Beberapa wanita melaporkan nyeri payudara tanda kehamilan berbeda dengan nyeri payudara menjelang menstruasi. Kehamilan akan membuat payudara terasa lebih “penuh”, dan puting lebih sensitif.

  3. Perubahan suasana hati
    Perubahan suasana hati atau mood swing merupakan gejala awal kehamilan yang umum. Penyebabnya adalah estrogen dan progesteron meroket pada awal kehamilan. Berbeda dengan perubahan suasana hati sehari-hari, kehamilan akan menyebabkan perubahan mood yang mendadak dan tidak terduga.
  4. Keputihan
    Keputihan adalah hal yang normal dialami wanita. Keputihan sebagai tanda kehamilan biasanya sedikit lebih banyak, bahkan sejak awal hamil. Peningkatan keputihan yang sehat atau “leukorea” ini membantu menghentikan penyebaran bakteri atau infeksi dari vagina ke dalam rahim. Kehamilan seharusnya tidak mengubah warna atau bau keputihan, jadi jika keputihan berwarna atau berbau, waspada infeksi jamur atau bakteri.
  5. Kram
    Tanda kehamilan lainnya adalah kram. Selama awal kehamilan, ada peningkatan aliran darah ke rahim yang dapat menyebabkan tekanan panggul saat tubuh bersiap untuk perjalanan panjang kehamilan dan persalinan. Rahim juga mulai meregang dan mengembang untuk mengakomodasi peningkatan darah serta kehamilan yang berkembang. Ini dapat menyebabkan perasaan seperti tertarik yang mirip kram menjelang atau selama menstruasi.
  6. Mudah lelah
    Mudah lelah adalah hal biasa selama kehamilan, tetapi jika kamu menyadarinya sebelum terlambat menstruasi, bisa jadi tanda kehamilan. Penyebabnya adalah kadar progesteron yang tinggi.
  7. Sering buang air kecil
    Sering buang air kecil juga merupakan tanda kehamilan awal, karena peningkatan suplai darah menciptakan lebih banyak limbah ke ginjal. Limbah ini dikeluarkan sebagai urin.
  8. Sakit kepala dan pusing
    Suplai darah dan kadar hormon yang meningkat bisa menjadi tanda kehamilan yang tidak menyenangkan yaitu pusing dan sakit kepala. Pembuluh darah yang melebar juga dapat menyebabkan migrain pada beberapa wanita hamil.
  9. Indera penciuman lebih tajam
    Kehamilan akan membuat indra penciuman lebih tajam, di mana wanita hamil akan lebih sensitif dengan bau, termasuk makanan. Menurut penelitian, mayoritas ibu hamil mengalami peningkatan indra penciuman selama trimester pertama.
  10. Mual
    “Morning sickness,” atau mual sepanjang hari bagi sebagian orang, biasanya muncul sekitar minggu ke-6 hingga minggu ke-8 kehamilan, saat itulah kebanyakan orang sudah menyadari dirinya hamil karena sudah terlambat menstruasi mereka hilang. Tetapi beberapa wanita hamil mengalami gejala mual lebih cepat, sebelum terlambat menstruasi.

Baca Juga: Trik Meningkatkan Peluang Kehamilan di Masa Subur

Apakah kamu mengalami salah satu tanda kehamilan tadi, sebelum menyadari terlambat menstruasi? Jangan hanya menebak-nebak. Pastikan dengan tes kehamilan. Kamu bisa menggunakan Andalan pregnancy test yang akurat untuk memastikan kehamilan. Kamu juga bisa berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomor Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 dan juga link bit.ly/halodktwhatsapp jika ingin tahu lebih banyak informasi seputar kehamilan dan tes kehamilan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya