Obat Rumahan untuk Mengatasi Ejakulasi Dini

ejakulasi dini

Masalah seksual, termasuk ejakulasi dini, termasuk sering ditemui pada pria.

Secara umum ejakulasi dini dikategorikan sebagai orgasme yang terjadi dalam waktu satu menit setelah dirangsang secara seksual dan tidak dapat ditunda ejakulasinya. Kondisi tersebut dapat menyebabkan frustasi dan kecemasan.

Sebaiknya ejakulasi dini diperiksakan ke dokter agar bisa ditentukan pengobatan yang tepat. Selain itu, kita juga bisa melakukan perawatan sendiri di rumah.

Baca Juga: Hindari Ejakulasi Dini dengan 4 Latihan Olahraga Ini

Obat oles untuk ejakulasi dini, apa saja:

Tisu ejakulasi dini
Tisu ejakulasi dini bekerja dengan cara mengurangi sensasi di ujung penis sehingga klimaks bisa ditunda. Tisu ini mengandung benzokain, yang menghambat saluran natrium yang menyebabkan sensasi di penis.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa pria yang menggunakan tisu ini setidaknya selama 2 bulan mengalami penurunan tekanan terkait hubungan seksual.

Krim oles

Krim anestesi topikal yang dijual bebas mengandung zat mati rasa yang dapat mengurangi sensasi seksual dan menunda klimaks. Krim ini bisa dioleskan ke penis 10 sampai 15 menit sebelum berhubungan seks.

Menurut penelitian, penggunaan krim ini dapat menunda ejakulasi pada pria selama beberapa menit.

Walau secara umum bisa ditoleransi, tetapi sejumlah pria mengeluhkan efek samping berupa nyeri ringan, ada sensasi terbakar, dan penurunan libido.

Memakai kondom

Secara umum, kondom dapat menurunkan sensitivitas dan menunda klimaks. Tetapi ada juga kondom pengontrol klimaks yang dijual bebas. Kondom ini terbuat dari bahan lateks yang lebih tebal atau mengandung zat mati rasa.

Konsumsi suplemen untuk ejakulasi dini

Suplemen zinc
Seng atau zinc tidak bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi mineral esensial ini juga membantu memproduksi testosteron serta meningkatkan libido dan energi.

Penelitian telah menemukan kaitan antara kekurangan seng dan disfungsi seksual pada pria. Konsumsi suplemen zinc 11 miligram seng per hari terbukti dapat meningkatkan waktu ejakulasi.

Walau begitu berhati-hatilah, konsumsi zinc berlebihan dapat menyebabkan rasa mual, muntah, diare, dan kerusakan ginjal.

Suplemen herbal Tiongkok
Konsumsi mingguan atau harian obat herbal Tiongkok – khususnya, tablet Yimusake atau pil Qilin – diketahui dapat mengobati ejakulasi dini dengan meningkatkan stamina seksual dan meningkatkan energi.

Perubahan pola makan
Selain seng, magnesium juga berperan dalam kesehatan seksual dan dapat berperan dalam ejakulasi dini.

Konsumsi makanan sumber seng dan magnesium seperti tiram, kacang almond, kedelai, sereal, cokelat hitam, hingga biji-bijian.

Latihan di rumah untuk menunda ejakulasi

Teknik jeda dan remas
Teknik pause-squeeze (jeda dan remas) adalah latihan untuk mengatasi ejakulasi dini. Ketika kamu merasa siap untuk ejakulasi, berhentilah dan minta pasangan atau kamu sendiri, menekan ujung penis.

Tahan tekanan selama beberapa detik sampai keinginan klimaks berkurang. Komunikasikan dengan pasangan selama proses ini agar berjalan lancar.

Ulangi proses ini sebanyak yang diperlukan sampai akhirnya kamu bisa menunda ejakulasi tanpa bantuan.

Teknik stop-start
Teknik berhenti-mulai (stop-start), juga dikenal sebagai kontrol orgasme dapat membantu menunda klimaks dengan berhenti di tengah penetrasi.

Saat kamu merasakan dorongan untuk ejakulasi, hentikan aktivitas seksual sepenuhnya. Setelah rangsangan berkurang, mulailah melakukan aktivitas seksual secara perlahan. Ulangi proses ini sebanyak yang diperlukan.

Latihan kegel
Memperkuat otot-otot dasar panggul dapat berdampak besar pada berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai klimaks.

Berikut tahapan melakukan senam kegel yang benar:

  • Temukan otot yang tepat
    Untuk mengidentifikasi otot-otot dasar panggul, lakukan dengan cara mengintervensi buang air kecil. Ya, hentikan buang air kecil di tengah alirannya atau memperlambat keluarnya urine. Proses ini memudahkan kamu mengenali otot-otot dasar panggul yang digunakan untuk menghentikan aliran urine.

    Jika sudah menemukan otot yang dimaksud dan dapat merasakan kontraksinya, kamu bisa lebih mudah melakukan latihan ini dengan posisi apa pun yang membuat nyaman, seperti berbaring atau duduk.

  • Sempurnakan tekniknya
    Langkah berikutnya kencangkan otot dasar panggul dengan cara menahan kontraksi selama tiga detik, lalu lepaskan selama tiga detik berikutnya. Cobalah teknik ini berkali-kali sampai kamu merasakan otot-otot dasar panggul semakin kuat.

    Setelah dirasa lebih kuat, lakukan latihan kegel dengan berbagai variasi, yaitu sambil duduk, berdiri atau berjalan.

  • Rutin berlatih
    Konsistensi adalah kunci. Hal ini berlaku pada latihan kegel, hasil yang optimal hanya bisa didapat dari kedisiplinan berlatih. Rutin latihan 3 kali sehari, dalam durasi 10 detik yang terbagi menjadi 5 detik kontraksi dan 5 detik relaksasi.

Baca Juga: 9 Trik dan Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

Masturbasi

Masturbasi satu atau dua jam sebelum melakukan aktivitas seksual dapat membantu menunda ejakulasi selama penetrasi. Pelepasan seksual ini akan mengurangi kebutuhan untuk mencapai klimaks dengan cepat.

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar ejakulasi, kamu bisa langsung berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomor Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya