“One Night Stand” karena Terbawa Suasana? Ini Kontrasepsi Darurat yang Bisa Digunakan

kontrasepsi darurat

Niatnya hanya sekadar ingin berkenalan dengan orang baru ketika jemari melakukan swipe kanan. Akan tetapi, hawa romantis dan percakapan yang berlangsung dengan mulus membuat hati terbawa suasana. Tahu-tahu, one night stand sudah terjadi saja. Tak perlu panik, masih ada kontrasepsi darurat yang bisa digunakan.

Baca Juga: Tiga Alasan Mengapa Kamu Perlu Menyimpan Pil Kontrasepsi Darurat di Kotak P3K

Terlanjur terlibat dalam one night stand alias ‘cinta satu malam’ tanpa pengaman bisa membuat jantung siapapun berdebar-debar. Idealnya, setiap jenis hubungan seksual direncanakan dengan baik, bahkan bila dilakukan dengan orang baru. Apalagi, di era modern ini sudah banyak sekali alat kontrasepsi yang dapat dipilih, seperti kondom, pil KB, suntikan KB, dan KB implan. Masing-masing memiliki efektivitas yang tinggi dalam mencegah kehamilan. Meskipun begitu, bila sudah terlanjur ‘kebablasan’, masih ada solusinya, yaitu dengan menggunakan pil kontrasepsi darurat atau IUD tembaga.

  • Pil Kontrasepsi Darurat
    Pil kontrasepsi darurat merupakan alat kontrasepsi hormonal yang bisa mencegah kehamilan bila dikonsumsi maksimal 5 hari setelah hubungan seks (Dweck & Westen, 2017). Walaupun demikian, efektivitasnya lebih baik bila diminum sesegera mungkin setelah aktivitas seksual tanpa pengaman. Soalnya, pil kontrasepsi darurat hanya bisa mencegah pembuahan dan tidak akan bisa membatalkan kehamilan bila kehamilan sudah terjadi.

    Andalan Postpil adalah pil kontrasepsi darurat yang banyak digunakan di Indonesia. Terdiri dari 2 pil berwarna putih yang mengandung hormon Levonorgestrel (progesteron) sebanyak 0,75 mg, Andalan Postpil dapat diminum dua pil sekaligus maksimal 120 jam setelah berhubungan seks. Setelah diminum, hormon progesteron di dalam kedua pilnya akan memberi sinyal pada tubuh untuk menunda pelepasan sel telur dari indungnya, sehingga tidak terjadi pembuahan meskipun sperma sudah terlanjur masuk. Untuk mendapatkannya, Andalan Postpil bisa dibeli di apotek dengan resep dokter.

  • IUD Tembaga
    Selain pil kontrasepsi darurat, alternatif lain yang bisa digunakan untuk mencegah kehamilan pasca terjadinya one night stand tanpa pengaman adalah IUD tembaga. Berbeda dengan pil kontrasepsi darurat, IUD tembaga bukanlah alat kontrasepsi yang mengandung hormon. Cara kerjanya adalah dengan mengeluarkan ion-ion tembaga yang aman bagi tubuh namun toksik bagi sperma (Hill, 2019).

    Jika pil kontrasepsi darurat hanya bisa digunakan dalam situasi darurat saja, IUD tembaga bisa dipakai dalam situasi darurat maupun sebagai alat kontrasepsi sehari-hari. Akan tetapi, bila digunakan sebagai kontrasepsi darurat, pemasangan IUD juga harus dilakukan dengan cepat, yaitu maksimal 5 hari pasca terjadinya hubungan seks tanpa pengaman. Kamu bisa mengunjungi dokter atau bidan Andalan untuk memasang IUD tembaga di dalam rahim. Tak perlu cemas membayangkan proses pemasangannya, karena prosesnya sederhana, singkat, dan tidak melibatkan operasi. Tergantung dari jenisnya, ada IUD tembaga yang bisa bertahan selama 3 tahun, 5 tahun, dan 10 tahun. Kamu tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhanmu saja. Bila kamu ingin melepas IUD tembaga sebelum masa perlindungannya berakhir, kamu pun tinggal datang kembali ke dokter atau bidan untuk meminta IUD dilepas.

Baca Juga: Setelah Memakai Kontrasepsi Darurat, Apa Lagi yang Perlu Dilakukan?

Dengan siapa kamu ingin mengeksplor seksualitas pribadi adalah keputusanmu sendiri, caranya juga kamu yang berhak memilih. One night stand bisa menjadi pilihan yang membahagiakan bagi sebagian orang. Asalkan dilakukan dengan aman, tidak ada masalah. Pada akhirnya tetap disarankan untuk berkontrasepsi secara reguler, agar tidak perlu menghadapi situasi-situasi emergensi yang harus melibatkan kontrasepsi darurat. Jika kamu masih punya pertanyaan lebih lanjut mengenai topik ini, kamu bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya