Pengetahuan Soal Metode KB, Salah Satu Bagian Pendidikan Seksual Komprehensif

metode kb

Di tengah budaya yang menabukan pendidikan seks, seringkali orang jadi kebingungan ketika mau membuat keputusan terkait dengan kesehatan seksual dan reproduksi masing-masing. Pendidikan seksual yang komprehensif sudah banyak diterapkan di negara-negara maju, namun masih sangat sulit diperoleh di Indonesia. Padahal, hal-hal sesederhana seperti cara menunda kehamilan, mengatur jarak kelahiran anak, dan mencegah penyebaran infeksi menular seharusnya dijadikan pengetahuan dasar. Dalam rangka memperingati World Contraception Day 26 September 2021, kali ini Halo DKT akan berbagi informasi mengenai berbagai jenis metode KB yang bisa kamu gunakan bersama dengan pasanganmu.

Baca Juga: Ini 6 Keunggulan Metode KB Implan Alias ‘Susuk’

  • Kondom
    Mudah digunakan dan dapat diakses secara bebas di mana saja, kondom menjadi salah satu alat kontrasepsi andalan banyak pasangan. Cara kerjanya sederhana sekali: kondom menahan sperma agar tidak masuk dan membuahi sel telur. WHO sangat merekomendasikan penggunaan kondom, karena selain bisa mencegah kehamilan, kondom merupakan satu-satunya metode KB yang juga bisa menurunkan risiko penyebaran infeksi menular seksual (IMS) seperti chlamydia, syphilis, gonorrhoea, hepatitis B, dan HIV. Tak hanya itu, kondom juga bisa meningkatkan kualitas hubungan seksual dengan pasangan. Sebagai contoh, kondom berduri dapat digunakan untuk menambah sensasi saat berhubungan seks, sementara kondom beraroma bisa menambah kenikmatan seks oral.

  • Pil KB

    Pil KB merupakan salah satu metode KB hormonal. Cara menggunakannya juga cukup mudah, yaitu dengan diminum satu butir setiap hari pada jam yang sama. Ketika kamu meminum pil KB, lendir leher rahim akan menebal sehingga lebih sulit dilalui oleh sperma (Hill, 2019). Selain itu, lapisan dinding rahim juga akan menipis, agar sel telur tak bisa menempel bila sperma ternyata masih bisa masuk dan berhasil membuahinya. Di Indonesia, pil KB Andalan dan pil KB Elzsa sangat banyak diminati.

  • Suntikan KB
    Suntikan KB juga dapat menjadi alternatif metode KB yang mudah didapatkan. Layanan suntik KB bisa diperoleh di berbagai fasilitas kesehatan, mulai dari tempat praktik bidan, klinik, puskesmas, hingga rumah sakit. Kamu hanya perlu datang 1 atau 3 bulan sekali, tergantung dari jenis suntikan KB yang kamu pilih.

  • KB Implan
    Bagi orang-orang yang menginginkan metode KB berjangka panjang, KB implan adalah salah satu pilihan yang dapat dimanfaatkan. Sekali pemasangan, implan bisa bertahan hingga 4 tahun. Akan tetapi, bila ingin dilepas sebelum masa perlindungan berakhir, kamu juga bisa melakukannya dengan mengunjungi faskes terdekat. Alat kontrasepsi hormonal yang satu ini berukuran seperti batang korek api dan dimasukkan oleh dokter atau bidan ke bawah permukaan kulit lengan bagian atas dengan menggunakan alat khusus. Prosesnya praktis dan tidak membutuhkan operasi. Efektivitasnya dalam mencegah kehamilan juga sangat tinggi, yaitu 99,9% (WHO, 2018).

  • IUD Tembaga
    Butuh metode KB yang bisa bertahan lebih lama lagi? Pertimbangkanlah untuk menggunakan IUD tembaga. IUD tembaga merupakan alat kontrasepsi yang berbentuk seperti huruf T dan ditempatkan di dalam rahim oleh dokter atau bidan. IUD tembaga dapat digunakan hingga 10 tahun (Dweck & Westen, 2017). Cara kerjanya adalah dengan mengeluarkan ion-ion tembaga yang aman bagi tubuh namun toksik bagi sperma. IUD tembaga juga bisa digunakan sebagai alat kontrasepsi darurat bila dipasang maksimal 5 hari pasca terjadinya hubungan seks tanpa pengaman.

Baca Juga: Metode KB Terbaik untuk Orang dengan HIV

Itulah 5 jenis metode KB yang bisa digunakan untuk mencegah kehamilan. Mudah-mudahan, sekelumit materi pendidikan seksual yang komprehensif ini bisa membantu kamu membuat keputusan yang dapat menyejahterakan hubunganmu, ya! Selain itu, jika kamu masih punya pertanyaan lebih lanjut mengenai topik ini, kamu pun bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Tak perlu ragu untuk berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya