Penting Diketahui, Ini Cara Terbaik Mencegah Infeksi Menular Seksual

Cegah infeksi menular seksual

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan mungkin membuat kita lupa adanya penyakit menular lain di sekitar kita, termasuk infeksi menular seksual.

Walau belum ada data terbaru di Indonesia, tetapi di negara maju tercatat ada peningkatan infeksi menular seksual (IMS) dibanding tahun sebelumnya.

Baca Juga: Skrining Infeksi Menular Seksual: Untuk Siapa dan Bagaimana Melakukannya?

IMS sering disebut sebagai penyakit orang muda. Di Amerika Serikat, menurut data Center for Disease Control and Prevention di tahun 2018 tercatat setengah dari kasus IMS diderita oleh orang berusia 15-24 tahun.

Cara terbaik untuk mengatasi IMS adalah pencegahan. Ini berarti tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Jika tidak berhubungan seksual, berarti kemungkinan kita tertular akan menjadi nol.

Selain itu, kita bisa memperkecil risiko dengan melakukan hubungan seks dengan lebih sedikit orang alias setia pada pasangan.

Dengan satu pasangan seksual yang baru, risiko terpapar IMS pun menjadi lebih besar. Sebagai contoh, jika kamu dan pasangan melakukan kontak seksual dengan tiga orang lainnya, maka kamu terpapar oleh tujuh orang.

Jika kamu dan pasangan sama-sama berkontak seksual dengan 12 orang lainnya, kini kamu terpapar oleh 4.095 orang.

Ketika kamu berhubungan seks dengan seseorang, sebenarnya kamu juga terpapar oleh siapa pun yang pernah berhubungan seksual dengannya sebelumnya.

Pencegahan IMS lain yang efektif adalah menggunakan kondom secara benar, serta melakukan vaksinasi hepatitis B dan HPV.

Kesalahan bisa saja terjadi dan kamu atau pasangan mungkin pernah berhubungan seks dengan orang lain. Jika ini yang terjadi, lakukan pemeriksaan IMS atau HIV sehingga dapat diobati sedini mungkin.

Apa yang terjadi jika IMS tidak diobati? Beberapa jenis IMS bisa berbahaya jika diabaikan. Misalnya saja klamidia dan gonore yang bisa mengganggu kesuburan wanita sehingga sulit hamil. Selain itu, IMS juga meningkatkan risiko tertular HIV.

Baca Juga: Kok Perempuan Lebih Rentan Alami Infeksi Menular Seksual? Ini Alasannya

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya