Penyebab Keputihan Coklat Setelah Haid

penyebab keputihan

Ketika kita mengira menstruasi sudah selesai, tiba-tiba ketika akan buang air kecil menyadari ada noda flek seperti keputihan yang berwarna coklat di pakaian dalam.

Keluarnya cairan coklat tersebut memang bisa menyebalkan, walau sebenarnya adalah hal yang normal.

Pada dasarnya “keputihan” coklat itu merupakan darah. Ketika darah berubah warna menjadi coklat setelah didiamkan beberapa saat. Keputihan berwarna coklat setelah haid biasanya adalah darah yang sudah tua atau kering yang lambat keluar dari rahim.

Baca Juga: Pria Juga Perlu Tahu Apa Itu Keputihan

Terkadang, keluarnya cairan berwarna coklat dan berdarah bisa menjadi tanda adanya masalah, terutama saat disertai dengan gejala lain.

Ketahui apa saja penyebab cairan coklat yang keluar setelah haid:

Darah haid yang kering

Darah yang membutuhkan waktu lebih lama untuk keluar dari tubuh kamu menjadi lebih gelap, seringkali berwarna coklat. Mungkin juga tampak lebih tebal, lebih kering, dan lebih kental daripada darah biasa.

Warna coklat adalah hasil oksidasi, yang merupakan proses normal. Itu terjadi ketika darah bersentuhan dengan udara.

Kamu juga mungkin melihat darah menstruasi menjadi lebih gelap atau coklat di dekat akhir periode.

Beberapa wanita mengalami keputihan selama satu atau dua hari setelah menstruasi berakhir. Yang lain mengalami keputihan coklat yang datang dan pergi selama satu atau dua minggu.

Itu benar-benar hanya tergantung pada seberapa baik rahim melepaskan lapisannya dan kecepatannya keluar dari tubuh kamu. Setiap orang berbeda.

Polycystic ovary syndrome (PCOS)

Polycystic ovary syndrome adalah kondisi yang berpengaruh pada hormon seorang wanita. Ketika kadar hormon pria dalam tubuh terlalu tinggi, maka seorang wanita akan mengalami haid yang tidak teratur atau tidak haid sama sekali.

PCOS dialami sekitar 6 sampai 10 persen wanita usia subur.

Pada wanita dengan PCOS, terkadang keputihan coklat terjadi pada saat menstruasi, terkadang juga cairan coklat itu merupakan darah dari siklus haid sebelumnya.

Gejala PCOS lainnya termasuk: Tumbuh rambut di bagian wajah, kegemukan, sulit punya anak, bercak gelap di kulit, hingga gampang jerawatan.

Premenopause

Premenopause merupakan kondisi ketika tubuh secara alami memasuki masa peralihan ke menopause. Biasanya dimulai 10 tahun sebelum menopause, yakni sekitar usia 30-40 tahun.

Pada periode ini, kadar estrogen naik dan turun, menyebabkan perubahan pada siklus haid. Periode premenopause bisa panjang atau singkat.

Terkadang seorang wanita yang akan menopause akan mengalami haid tanpa ovulasi. Perubahan ini menyebabkan munculnya cairan coklat setelah haid dan terkadang selama haid.

Gejala premenopause lainnya antara lain: semburan panas di wajah, susah tidur, vagina kering, menurunnya gairah seks, mood swing.

Kontrasepsi implan

Kontrasepsi implan adalah jenis kontrasepsi hormonal yang diimplan ke bawah kulit lengan atas. Kontrasepsi ini akan melepaskan hormon progestin ke dalam tubuh untuk mencegah kehamilan.

Perdarahan haid yang tidak teratur dan keputihan coklat adalah efek samping yang umum ketika tubuh sedang menyesuaikan dengan kadar hormonal.

Infeksi menular seksual

Beberapa jenis infeksi menular seksual bisa menyebabkan keputihan atau flek diluar menstruasi. Misalnya saja klamidia, gonorea, dan bacterial vaginosis.

Selain flek, gejala lain adalah gatal di vagina, nyeri saat berkemih, nyeri saat berhubungan seksual, nyeri pada panggul, dan keputihan lain.

Penyebab keputihan coklat setelah tidak haid

Jika kamu bulan ini tidak menstruasi, kamu mungkin mengalami keluarnya cairan berwarna kecoklatan sebagai pengganti periode reguler atau beberapa saat setelah periode haid kamu akan berakhir. PCOS dan perimenopause adalah penyebab umum.

Kamu juga mungkin mengalami menstruasi yang terlewat diikuti dengan keluarnya cairan coklat jika kamu baru saja mulai menggunakan kontrasepsi hormonal baru. Terkadang bercak kecoklatan itu juga bisa menjadi tanda kehamilan.

Baca Juga: Keputihan Berwarna Coklat dan Kemungkinan Penyebabnya

Keluhan seputar keputihan, menstruasi dan bagaimana menjaga organ kewanitaan selama menstruasi juga bisa kamu konsultasikan ke Halo DKT. Kamu cukup menghubungi nomor Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 dan juga link bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya