Perbedaan Keputihan Normal dan Tidak Normal

perbedaan keputihan

Tahukah kamu perbedaan keputihan normal dan keputihan tidak normal?

Keputihan adalah bagian alami dari vagina, tetapi terkadang perubahan di dalamnya bisa menandakan masalah. Mari kita lihat berbagai jenis keputihan agar kamu tahu kapan keputihan yang dialami tergolong tidak normal.

Baca Juga: Keputihan Tanda Hamil, Kenali Lebih Jauh Ciri-cirinya!

Lingkungan alami vagina

Fungsi dasar organ vagina adalah untuk menyediakan rute dari luar vagina ke rahim dan seluruh sistem reproduksi internal. Tingkat keasaman (pH) alami vagina berfungsi untuk mencegah infeksi dan keasaman itu disebabkan oleh bakteri baik yang secara alami ada di vagina.

Dalam kondisi “normal”vagina akan membersihkan dirinya sendiri dengan memproduksi cairan lendir yang bening. Jadi, keputihan seperti ini sebenarnya menandakan vagina yang sehat.

Keputihan normal

Pertama, penting untuk memahami bahwa semua perempuan mengalami keputihan. Kelenjar di vagina dan leher rahim menghasilkan sejumlah kecil cairan yang mengalir keluar dari setiap hari, membawa serta sel-sel tua.

Keputihan normal tersebut membantu membersihkan vagina, serta menjaganya tetap terlumasi, bebas dari infeksi dan kuman lainnya. Cairan keputihan ini tidak memiliki bau busuk, bahkan biasanya tidak berbau sama sekali.

Keputihan yang normal seringkali tampak bening atau seperti susu saat mengering di celana dalam. Kadang-kadang, kamu mungkin melihat cairan yang terlihat tipis dan berserabut.

Keseimbangan alami di vagina bisa terganggu oleh apapun yang merusak lingkungan alami vagina, misalnya douching, mengonsumsi antibiotik, sedang hamil, atau menderita penyakit diabetes.

Tanda keputihan abnormal

Penting untuk mengenali tanda-tanda keputihan yang tidak normal karena bisa jadi merupakan tanda infeksi atau kondisi kesehatan lainnya.

Jika kamu mengalami keputihan yang tiba-tiba dan terus meningkat, ini mungkin merupakan tanda adanya masalah.

Perubahan lain yang mungkin mengindikasikan masalah adalah keluarnya cairan berwarna kuning cerah atau kehijauan. Keputihan yang menggumpal atau kental atau cairan yang sangat encer juga bisa menunjukkan ada sesuatu yang salah di vagina.

Tanda-tanda adanya infeksi antara lain:

  • Perubahan pada warna, konsistensi lendir, atau pun jumlahnya.
  • Ada rasa gatal, tidak nyaman, atau ruam.
  • Ada sensasi rasa terbakar saat buang air kecil.
  • Ada darah walau tidak sedang haid.
  • Bau busuk, selain cairan yang berwarna kekuningan, hijau, atau agak abu-abu.

Arti warna keputihan

  • Jika lendir yang keluar berwarna keputihan hingga kuning pucat dan kental dan menggumpal dan ada rasa gatal atau terbakar pada vagina, kemungkinan kamu mengalami infeksi jamur vagina.
  • Jika kamu mengalami keputihan yang lebih berat dari biasanya, yaitu encer dan berwarna keabu-abuan dengan bau amis yang tidak sedap, kemungkinan kamu menderita vaginosis bacterial.
  • Jika kamu mengalami keputihan yang tiba-tiba bertambah banyak, berwarna hijau atau kekuning-kuningan yang berbau tidak sedap, atau menimbulkan gejala vagina, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan.

Pengobatan

Pengobatan untuk keputihan akan tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Untuk infeksi jamur, kamu bisa mendapatkan clotrimazole atau antijamur yang dijual bebas. Tetapi sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan seperti Halo DKT sebelum mengobati sendiri.

Untuk vaginosis bakterial, diperlukan resep dokter.

Mengetahui apa itu keputihan normal dan apa yang mengindikasikan adanya masalah di vagina sangat penting pada usia berapa pun.

Saat kamu terbiasa dengan apa yang normal bagi kamu, pastikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan jika kamu melihat ada perubahan yang tidak biasa.

Baca Juga: Berhubungan Intim Bila Ada Keputihan Tanda Hamil, Bahaya Nggak Ya?

Kalau kamu ingin tahu lebih detail lagi tentang keputihan dan kesehatan reproduksi, langsung saja konsultasi ke HALO DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp. Jangan kuatir, semua informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya

keunggulan kondom

4 Keunggulan Kondom Berbahan Lateks

Kondom berbahan lateks memiliki pori-pori yang sangat kecil sehingga transmisi segala mikroba atau patogen bisa diminimalisir. Fungsi kondom sebagai kontrasepsi dan mencegah terjadinya infeksi menular

Read More »