Pertama Kali Minum Pil KB, Begini Aturan Minumnya

Pertama kali pil KB

Jika diminum secara teratur, efektifitas pil KB dalam mencegah kehamilan bisa mencapai 99%!

Memilih untuk melakukan Keluarga Berencana (KB) sebenarnya bukan hanya tentang merencanakan kehamilan, tapi juga menghargai hak perempuan dalam mengendalikan kesuburan. Plus ber-KB juga berarti membuat tumbuh kembang anak jadi lebih optimal karena mendapatkan perhatian serta kasih sayang dari orang tua.

Baca Juga: Pil KB 21 Hari dan 28 Hari, Apa Bedanya Ya?

Jika kamu kemudian memutuskan untuk menggunakan pil KB sebagai metode kontrasepsinya, maka sebaiknya ketahuilah bagaimana cara minumnya yang benar. Karena selama diminum sesuai aturannya, maka efektivitas pil KB untuk mencegah kehamilan serta memberikan manfaat kesehatan dapat dirasakan oleh tubuh secara optimal.

Sebelum membahas aturan minum pil KB, kamu harus tahu kalau kontrasepsi ini memiliki dua jenis yaitu pil KB kombinasi yang didalamnya terkandung hormon estrogen serta progesterone. Sedangkan jenis yang lainnya adalah pil KB mini yang hanya ada hormon progesteron di dalamnya. Biasanya pil KB mini banyak digunakan oleh ibu menyusui karena tidak memengaruhi produksi serta kualitas ASI. Artinya ibu tetap aman menyusui meski ber-KB setelah melahirkan. Contohnya adalah pil KB Andalan Laktasi. Tak hanya untuk kamu yang sedang menyusui, pil KB mini ini juga cocok untuk perempuan yang alergi hormon estrogen karena kandungannya hanya 0.5mg hormon progestin.

Bagaimanakah sebenarnya pil KB bekerja? Ada tiga fungsi utama dari pil KB, yaitu mencegah terjadinya ovulasi dan membuat lendir serviks jadi lebih kental sehingga mempersulit sperma masuk ke dalam rahim. Dua fungsi pil KB ini ada di dalam pil KB kombinasi. Sedangkan pada pil KB mini fungsinya adalah mengentalkan lendir serviks, menipiskan endometrium dan mencegah terjadinya ovulasi.

Kabar baiknya lagi, sebagai kontrasepsi hormonal, menggunakan pil KB tidak akan mempengaruhi kesuburan. Artinya ketika kamu dan suami siap untuk hamil maka ketika kamu berhenti mengonsumsi pil KB, kesuburan akan kembali dengan cepat sesaat konsumsi dihentikan. Dan jika kamu baru pertama kali minum pil KB, jangan kuatir berikut aturan minumnya.

  1. Mulai diminum hari pertama haid.

    Minumlah pil KB di hari pertama Anda haid. Pil KB bisa dikonsumsi sebelum atau setelah makan, pilihlah jam yang nyaman untuk kamu mengkonsumsinya. Karena itulah yang akan menjadi jadwal harian mengonsumsi pil KB. Jika dikonsumsi secara teratur maka fungsi pil KB semakin optimal.

  2. Perhatikan petunjuk di balik kemasan.

    Di balik kemasan pil KB terdapat alur panah yang dilengkapi dengan nama hari. Dilihat dari sisi jumlah pil, kontrasepsi hormonal ini ada yang berisi 21 pil dan 28 pil. Pada pil KB berisi 28 pil, terdiri dari 21 pil aktif dan 7 pil plasebo yang biasanya warnanya berbeda dengan pil aktif.

    Misalnya hari pertama haid adalah Rabu, maka minumlah mulai dari pil yang bertuliskan hari Rabu. Lalu ikuti alur panah untuk konsumsi di hari-hari berikutnya hingga habis. Tidak terkecuali pil plasebo pada pil KB berisi 28 tablet. Kemasannya dibuat begitu agar kamu tidak lupa jadwal serta urutan minum pil KBnya.

  3. Apa yang dilakukan jika lupa meminumnya?

    Segeralah minum pil KB jika telah melewati jadwalnya. Tapi jika jadwal minum pil KB sudah terlewat 24 jam, maka langsung minum 2 pil KB ketika Anda mengingatnya. Jika Anda lupa sudah lebih dari 48 jam, konsumsilah pil KB seperti biasa. Namun ada baiknya Anda melengkapi dengan metode kontrasepsi lain jika jadwal minum pil KB. Atau tidak berhubungan seksual selama lima hari ke depan. Buatlah alarm pengingat di ponselmu, agar jadwal minum pil KB tidak terlewat.

  4. Lanjutkan minum pil KB pada siklus berikutnya.

    Ketika semua pil KB sudah habis, maka segeralah melanjutkan pada blister baru untuk siklus berikutnya. Karena pil KB merupakan kontrasepsi hormonal, maka akan segera subur ketika berhenti mengkonsumsinya.

Baca Juga: Pil KB Mengurangi Rambut-rambut Halus di Wajah, Dada, dan Punggung Perempuan, Betulkah?

Praktis kan. Kabar baiknya lagi, KB modern seperti pil KB ini juga memberikan beragam manfaat kesehatan untuk tubuh perempuan loh. Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya