Pil KB Darurat atau Postpil Bukan Obat Aborsi, Bagaimana sih Cara Kerjanya?

cara-pil-kb-darurat

Pil KB darurat atau Postpil efektif mencegah kehamilan hingga 95%. Bagaimana cara pil KB darurat bekerja?

Ups, semalam berhubungan intim dengan suami tanpa kondom, dan lupa minum pil KB. Familiar dengan situasi ini? Buat kamu yang sedang tidak merencanakan kehamilan, mungkin agak panik ya. Tenang dulu. Tidak perlu mencoba cara-cara aneh seperti makan nanas muda dan sebagainya. Pil KB darurat atau yang biasa disebut Postpil adalah opsi yang paling aman dan efektif untuk situasi ini.

Baca Juga: Pil KB Ini Bisa Cegah Anemia

Perlu kamu pahami dulu, pil KB darurat berbeda dengan aborsi. Aborsi adalah tindakan untuk menghentikan kehamilan. Adapun pil KB darurat berfungsi mencegah terjadinya kehamilan. Karenanya, ada syarat tertentu agar pil ini bekerja efektif.

Bagaimana Pil KB Darurat Bekerja

Ada tiga jenis pil KB darurat yang direkomendasikan oleh WHO. Yaitu yang mengandung progestin (hormon progesteron sintetis) levonorgestrel, kombinasi ethinyl estradiol + levonorgestrel, dan ulipristal asetat. Pada dasarnya, ketiganya bekerja dengan mencegah atau menunda ovulasi, sehingga tidak ada sel telur yang bisa dibuahi oleh sperma. Namun bila telah terjadi kehamilan, pil KB darurat tidak akan menggugurkan kehamilan atau membahayakan embrio yang telah terbentuk.

Pil KB darurat misalnya Andalan Postpil, yang mengandung 0,75 mg levonorgestrel. Levonorgestrel juga diduga memiliki efek menghambat pergerakan sperma menuju sel telur, sehingga seandainya telah terjadi ovulasi, sperma akan sulit membuahi sel telur.

Bagaimana bila terjadi pembuahan atau fertilisasi; apakah postpil masih efektif? Ada perbedaan pendapat. Sebagian pendapat menyatakan tidak efektif. Namun ada juga yang menganggap pil KB darurat masih bisa efektif, karena levonorgestrel diduga bisa mempengaruhi kondisi endometrium (lapisan dinding rahim). Dengan demikian, sel telur yang telah dibuahi akan sulit menempel. Karenanya yang terbaik adalah minum sesegera mungkin, sebelum terjadi ovulasi dan fertilisasi.

Cara Minum Pil KB Darurat

Pil KB darurat perlu diminum sesegera mungkin, maksimal 72 jam setelah hubungan intim. Dengan cara ini, efektivitas pil mencapai 95%. Tinggi sekali ya. Memang, masih ada risiko 5% untuk terjadinya kehamilan. Andalan Postpill terdiri dari 2 pil. Minumlah 1 pil segera, dan minum 1 pil lagi 12 jam kemudian.

Andalan Postpill tidak akan mengganggu metode kontrasepsi yang kamu gunakan. Jadi semisal kamu mengonsumsi pil KB, kamu bisa segera mengonsumsinya seperti biasa seusai minum postpill. Atau bila kamu baru ingin mulai menggunakan kontrasepsi, silakan segera ke dokter atau bidan, untuk mendapatkan kontrasepsi. Segala jenis kontrasepsi, baik hormonal (pil, susuk, injeksi) maupun non-hormonal (spiral/IUD), bisa segera kamu pakai seusai minum pil KB darurat berbasis levonorgestrel atau kombinasi ethinyl estradiol + levonorgestrel.

Perlu diingat, postpill hanya untuk kondisi darurat ya. Semisal kamu lupa minum pil KB, atau lupa pakai kondom. Jangan selalu mengandalkan pil KB darurat. Lebih baik menggunakan kontrasepsi secara rutin, sesuai dengan kondisi dan kebutuhanmu.

Lalu, bagaimana memastikan bahwa tidak terjadi kehamilan setelah minum pil Kb darurat? Kamu bisa menunggu hingga jadwal periode menstruasi kamu. Kalau terlambat, kamu bisa menggunakan alat uji kehamilan mandiri atau test pack, misalnya Andalan Pregnancy Test Kit Strip.

Baca Juga: Pil KB Mengurangi Rambut-rambut Halus di Wajah, Dada, dan Punggung Perempuan, Betulkah?

Oh iya, kamu perlu resep dokter untuk mendapatkan pil KB darurat ya. Jadi, segeralah menghubungi dokter kandungan bila kamu ‘kecolongan’ berhubungan tanpa pengaman, untuk mendapatkan resep postpill. Atau, kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya