PSBB Lagi? Ini Empat Akses Kontrasepsi yang Masih Tersedia di Tengah Pandemi

Akses kontrasepsi yang tersedia

Per tanggal 23 September 2020, jumlah total kasus COVID-19 secara nasional sudah mencapai 257.388 kasus, dengan lebih dari 4000 kasus dilaporkan dalam sehari (Jakarta Post, 2020). Untuk menanggapinya, pemerintah provinsi DKI Jakarta menarik rem darurat dan menetapkan berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kedua. Selama PSBB, fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas dibanjiri pengunjung, sehingga beberapa mulai membatasi layanan. Meskipun begitu, tak perlu khawatir mengenai kebutuhan kontrasepsi Anda, sebab bila Anda kesulitan menemukan kontrasepsi rumah sakit, klinik, atau puskesmas, masih banyak akses lainnya yang bisa Anda manfaatkan. Berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga: Alat Kontrasepsi ‘Berduri’ untuk Mengatasi Kejenuhan Bercinta Selama Pandemi

  1. Membeli kondom, pil KB, atau pil kontrasepsi darurat (kondar) secara online
    Untuk mencegah penularan COVID-19, strategi yang paling aman adalah dengan melakukan segala transaksi dari rumah. Anda bisa membeli kondom, pil KB, atau kondar secara online melalui gerai-gerai terpercaya seperti Official Store DKT Indonesia di Shopee dan Tokopedia. Jangan lupa untuk menyemprot paket yang Anda terima dengan disinfektan atau hand sanitizer terlebih dahulu sebelum membawanya masuk ke dalam ruangan Anda.
    PSBB Lagi? Ini Empat Akses Kontrasepsi yang Masih Tersedia di Tengah Pandemi
  2. Memanfaatkan fasilitas telemedicine untuk konsultasi layanan KB
    Kalau Anda memiliki pertanyaan terkait alat kontrasepsi tertentu dan ingin berkonsultasi dengan tenaga medis, Anda bisa melakukannya dari kenyamanan rumah masing-masing. Anda hanya perlu menggunakan fasilitas telemedicine. Misalnya, dengan berkonsultasi ke Halo DKT via whatsapp.
    PSBB Lagi? Ini Empat Akses Kontrasepsi yang Masih Tersedia di Tengah Pandemi
  3. Memanggil tenaga kesehatan untuk melaksanakan suntik KB di rumah
    Bila tipe kontrasepsi yang ingin Anda gunakan tidak bisa diakses tanpa bantuan tenaga medis, seperti suntik KB, Anda bisa memanggil dokter atau bidan ke rumah. Biasanya, tenaga kesehatan akan hadir dengan memakai masker dan Alat Pelindung Diri (APD) dengan lengkap. Jadi, risiko Anda terpapar virus corona lebih kecil.
    PSBB Lagi? Ini Empat Akses Kontrasepsi yang Masih Tersedia di Tengah Pandemi
  4. Membeli kontrasepsi melalui apotek/minimarket
    Apotek menjual kondom, pil KB, dan kondar, sementara minimarket biasanya hanya menjual kondom saja. Pilihlah apotek atau minimarket dengan protokol pencegahan COVID-19 yang bagus. Kunjungi tempat yang Anda pilih pada jam yang tidak terlalu padat pengunjung. Demi meminimalisir risiko penyebaran virus corona, sebagian apotek dan minimarket sudah memberlakukan protokol kesehatan seperti penggunaan batas plastik transparan di depan kasir, pembatasan jarak antre di antara tiap pembeli, serta pembayaran tanpa uang tunai (cashless). Dengan demikian, Anda bisa berbelanja dengan lebih nyaman dan tidak perlu merasa terlalu gelisah. Meskipun begitu, tetaplah memakai masker dengan benar dan konsisten, serta menggunakan hand sanitizer secara rutin.
    PSBB Lagi? Ini Empat Akses Kontrasepsi yang Masih Tersedia di Tengah Pandemi

Baca Juga: Pertanyaan Wajib Soal Kontrasepsi Saat Konsul ke Dokter

Itulah sekilas informasi mengenai 4 akses kontrasepsi yang masih tersedia di tengah pandemi. Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa berkonsultasi ke Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke  https://wa.me/628111326459 pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00–17.00 WIB. Semua yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

artikel lainnya