Sehabis Pasang KB Susuk Tak Boleh Kerja Berat, Betulkah?

Sebagai perempuan yang sedang fokus dalam mengejar karir dan cita-cita, memiliki kontrasepsi yang bisa diandalkan telah menjadi sebuah kebutuhan. Oleh karena itu, tak mengherankan jika banyak yang memilih menggunakan KB susuk alias implan. Dengan efektivitas hingga 99% dalam mencegah kehamilan (Hill, 2019), kinerja KB susuk tak perlu diragukan lagi. Meski demikian, sering juga kita dengar bahwa perempuan tidak boleh melakukan pekerjaan berat sehabis memasang KB susuk. Betulkah informasi tersebut? Berikut pembahasannya.

Sehabis Pasang KB Susuk Tak Boleh Kerja Berat, Betulkah?

KB susuk merupakan alat kontrasepsi hormonal berisi hormon progesteron yang dimasukkan oleh tenaga medis terlatih di bawah permukaan kulit pada bagian lengan atas (Dweck & Westen, 2017). Ukurannya mungil seperti batang korek api. Sekali pasang, KB susuk bisa memberi perlindungan hingga 3-4 tahun, tergantung dari produk yang digunakan. Sebagai contoh, salah satu brand KB susuk ternama di Indonesia, Andalan Implan dengan 75 mg Levonorgestrel (hormon progesteron) per batang, bisa dipakai hingga 4 tahun. Selain itu, KB susuk juga dapat dilepaskan kembali oleh dokter atau bidan dengan mudah kapanpun bila penggunanya memutuskan untuk tidak menunda kehamilan lagi .

Nah, di kalangan awam, orang seringkali khawatir mengenai boleh-tidaknya bekerja berat setelah pemasangan KB susuk, sebab KB susuk dipasang di bagian lengan. Faktanya, Anda tetap boleh beraktivitas dengan bebas meskipun menggunakan KB susuk. Soalnya, pemasangan KB susuk merupakan tindakan medis yang sangat sederhana, cepat, dan tidak membutuhkan operasi. Di hari yang sama dengan pemasangan KB susuk, Anda bisa langsung kembali ke kantor. Bahkan, menurut informasi dari Departemen Obstetri dan Ginekologi Universitas Colorado, Amerika Serikat, aktivitas-aktivitas berat seperti berolahraga, push-up, dan mengangkat beban juga aman dilakukan setelah pemasangan KB susuk.

Jadi, tak perlu cemas, sebab pemasangan KB susuk tidak akan mengganggu produktivitas Anda. Justru dengan KB susuk, produktivitas Anda bisa semakin meningkat. Anda dapat lebih memusatkan perhatian dan energi pada pekerjaan dan target yang ingin dicapai. Tak ada lagi yang membatasi kebebasan Anda.

Begitulah penjelasan singkat mengenai boleh-tidaknya melakukan pekerjaan berat ketika menggunakan KB susuk. Selain itu, jika Anda masih memiliki pertanyaan, ingin berkonsultasi lebih lanjut, atau ingin segera mencari kontak Bidan Andalan untuk melakukan pemasangan KB susuk, Anda bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Segala informasi yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
WhatsApp chat