Selain Ejakulasi Dini, Ini Tiga Masalah Ejakulasi pada Pria

tiga-masalah-ejakulasi-pria

Ejakulasi dini merupakan masalah serius yang dapat merusak hubungan yang paling bahagia sekalipun. Bagaimana tidak, baru saja hubungan seks mulai panas dan penetrasi, tapi sudah ejakulasi.

Sebenarnya ejakulasi dini bukan satu-satunya masalah ejakulasi pada pria. Setidaknya ada tiga gangguan ejakulasi, yaitu:

  1. Ejakulasi dini
  2. Ejakulasi tertunda
  3. Ejakulasi mundur (retrograde ejaculation)

Baca Juga: Senam Kegel Pria, Olahraga yang Efektif Atasi Ejakulasi Dini

Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya masing-masing:

  1. Ejakulasi dini
    Ini merupakan masalah ejakulasi yang paling banyak ditemui. Sebenarnya seberapa “dini” ejakulasi?

    Sebuah penelitian yang mengamati 500 pasangan dari 5 negara berbeda menemukan bahwa rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk ejakulasi selama hubungan seksual adalah sekitar 5 setengah menit.

    Namun, menurut para dokter urologi, seorang pria dianggap mengalami ejakulasi dini jika baru satu menit penetrasi sudah mencapai klimaks.

    Sesekali ejakulasi dini sering terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika kamu menemukan bahwa sekitar setengah dari hubungan seks menghasilkan ejakulasi dini, mungkin perlu berkonsultasi.

    Penyebab tersering ejakulasi dini adalah gangguan tiroid, gangguan prostat, depresi, ada masalah dalam hubungan, atau mengalami disfungsi ereksi.

  2. Ejakulasi tertunda
    Ada beberapa kriteria ejakulasi tertunda, yaitu:

    Mengalami penurunan yang signifikan sebelum ejakulasi
    Tidak bisa ejakulasi sama sekali, padahal pria mau dan ereksinya normal

    Seorang pria juga dianggap mengalami ejakulasi tertunda jika:

    Kamu mengalami penundaan berulang dan tidak diinginkan sebelum ejakulasi berlangsung selama 30 hingga 60 menit
    Kamu tidak dapat ejakulasi setidaknya setengah kali saat berhubungan seks

    Seperti halnya ejakulasi dini, ejakulasi tertunda bisa disebabkan oleh faktor psikologis dan fisik.

    Kemungkinan penyebab psikologis ejakulasi tertunda serupa dengan ejakulasi dini – misalnya, trauma seksual dini, didikan yang ketat, masalah hubungan, stres atau depresi.

    Sedangkan faktor fisik adalah penyakit diabetes, cedera tulang belakang, baru melakukan operasi prostat atau kandung kemih, dan penuaan.

    Ejakulasi tertunda bisa tiba-tiba terjadi padahal sebelumnya tidak ada masalah, atau lebih jarang.

    Ini dapat terjadi dalam semua situasi seksual, atau hanya dalam situasi tertentu. Misalnya, kamu mungkin bisa ejakulasi secara normal saat masturbasi, tapi tidak saat berhubungan seks. Ketika ejakulasi hanya terjadi pada situasi tertentu, biasanya ada penyebab psikologis.

  3. Ejakulasi mundur (retrograde)
    Ejakulasi retrograde adalah masalah ejakulasi yang lebih jarang. Ejakulasi ini terjadi ketika air mani bergerak mundur ke kandung kemih alih-alih melalui uretra (tabung yang dilewati urine) dan dikeluarkan.

    Gejala utama ejakulasi mundur antara lain:

    • Tidak memproduksi cairan mani atau hanya sedikit saat ejakulasi
    • Memproduksi urine yang keruh karena mengandung cairan mani di dalamnya, ketika ke toilet setelah berhubungan seks.

    Pria dengan ejakulasi retrograde masih mengalami perasaan orgasme dan kondisi tersebut tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Namun, kondisi ini dapat menghambat upaya pembuahan pada pria yang sedang menjalani program kehamilan.

Penyebab ejakulasi retrograde

Ejakulasi retrograde disebabkan oleh kerusakan saraf atau otot yang mengelilingi leher kandung kemih (titik di mana uretra terhubung ke kandung kemih).

Biasanya saat pria ejakulasi, air mani didorong keluar dari uretra. Air mani dicegah memasuki kandung kemih oleh otot-otot di sekitar leher kandung kemih, yang menutup rapat pada saat orgasme.

Namun, kerusakan pada otot atau saraf di sekitarnya dapat menghentikan penutupan leher kandung kemih, menyebabkan air mani bergerak ke dalam kandung kemih, bukannya naik melalui uretra.

Operasi kelenjar prostat atau operasi kandung kemih adalah penyebab paling umum dari ejakulasi retrograde.

Penyebab lainnya adalah diabetes, multiple sclerosis, dan kelas obat yang dikenal sebagai alpha blocker, yang sering digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi).

Baca Juga: Ini Alasan Ejakulasi Dini tak Bisa Ditutupi

Untuk berkonsultasi seputar problem seksualitas seperti ejakulasi dini pada ahli yang kompeten. Kamu bisa menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp. Jangan khawatir, kerahasiaan terjamin.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya