Tentang IUD yang Wajib Kamu Ketahui

tentang iud

Para calon pengguna Intrauterine devices (IUD), sini merapat. Berikut ini ada sejumlah informasi penting yang perlu kamu ketahui seputar IUD.

Jika selama ini kamu masih ragu dan bertanya-tanya apa dan bagaimana cara kerja IUD, artikel ini akan menyampaikan beberapa hal detail tentang IUD yang penting untuk dipahami.

Tujuannya agar kamu semakin paham dan yakin, sehingga tak ragu lagi untuk memutuskan menggunakan IUD sebagai alat kontrasepsi.

Baca Juga: Jangan Percaya Lima Mitos Kontrasepsi IUD Ini!

IUD merupakan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) yang paling banyak diminati masyarakat modern saat ini. Hal itu tak lepas dari efektivitas dan efisiensi sebuah IUD dibandingkan dengan metode KB lainnya.

Berikut hal-hal seputar IUD yang perlu kamu ketahui :

  • Sesuai namanya, IUD merupakan material atau perangkat kecil berbentuk batang layaknya korek api, berukuran mini membentuk huruf ‘T’ masyarakat Indonesia biasanya menyebutnya dengan istilah KB spiral. Karena memang terbuat dari material tembaga berulir layaknya spiral.
  • Ada dua jenis IUD yang dikenal saat ini yaitu IUD hormonal dan IUD non hormonal. IUD hormonal menghasilkan hormon progesteron dan IUD non hormonal merupakan IUD yang dilapisi dengan tembaga.
  • Kendati sama-sama mencegah kehamilan, kedua jenis IUD ini memiliki cara kerja yang berbeda. IUD hormonal menghasilkan hormon progesteron sintetis yang berfungsi membuat lendir serviks lebih kental sehingga menyulitkan sperma berenang mencapai sel telur untuk dibuahi. Sementara itu IUD non hormonal yang berlapis tembaga menghalangi pergerakan sperma masuk ke tuba falopi yaitu saluran antara rahim dan indung telur.
  • Efektivitas IUD sangat tinggi dalam mencegah kehamilan. Seperti produk IUD Andalan Silverline Cu 380 Ag yang dilengkapi dengan inti perak dalam tembaga untuk memaksimalkan efektivitas kontrasepsi.
  • Efisien, karena cukup sekali pasang efektif melindungi hingga 5-8 tahun. Setelah pemasangan, tidak diperlukan biaya lagi. Jangka waktu perlindungan yang cukup lama ini sangat cocok buat kamu yang sibuk maupun yang tidak ingin direpotkan dengan jadwal minum pil atau suntik KB.
  • Nyaman karena tidak mengganggu aktivitas seksual. Pemasangan IUD juga mudah dan singkat sekitar 15 menit saja, dengan atau tanpa bius lokal. Bisa langsung dipasang setelah persalinan baik normal maupun persalinan caesar. Atau menunggu setelah 4 minggu pasca melahirkan.
  • Cepat mengembalikan masa subur setelah IUD dilepas. Ini penting bagi kamu yang ingin berencana hamil kembali setelah beberapa tahun menundanya dengan bantuan IUD.
  • Aman digunakan oleh ibu menyusui, karena tidak memengaruhi produksi dan kualitas ASI. Selain itu IUD tidak menyebabkan kenaikan berat badan.
  • Selain mencegah kehamilan, beberapa produk IUD juga membantu mengurangi nyeri menstruasi, juga nyeri karena endometriosis. Bahkan IUD juga mengurangi risiko terkena kanker rahim dan kanker serviks.
  • Pemasangan dan pelepasan IUD bisa dilakukan oleh dokter, perawat, atau bidan yang sudah terlatih. Produk IUD Andalan di-desain dengan benar yang lebih panjang sehingga memudahkan tenaga medis saat pemasangan dan pemeriksaan.
  • Bagi kamu yang berusia 40 tahun atau lebih saat memasang IUD, kamu bisa tetap menggunakannya hingga masa menopause tiba. Sehingga kamu tidak lagi memerlukan alat kontrasepsi.
  • IUD terlepas? Bisa saja terjadi, namun kemungkinannya sangat kecil sekali. Seperti IUD Andalan Cu 375 Sleek yang terbuat dari plastik yang terbungkus kawat tembaga dengan luas permukaan tembaga 375mm2 dengan ukuran plastik vertikal hanya 2,8 cm. Tingkat ekspulsi sangat rendah, cocok untuk kamu yang memiliki rahim pendek.

Baca Juga: Tak Hanya untuk Sehari-hari, IUD Tembaga Juga Bisa Jadi Kontrasepsi Darurat

Nah, itulah sejumlah fakta mengenai IUD. Semoga bisa menambah wawasan kamu seputar KB spiral ini. Jika kamu masih ragu dan ingin bertanya lebih jauh seputar IUD maupun seputar kontrasepsi pada umumnya, kamu bisa berkonsultasi dengan para pakar yang kompeten. Untuk berkonsultasi, saat ini bisa kok dilakukan secara online dengan cara menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya

ganti-pengaman

Cara Aman Ganti Pengaman

Seiring berjalannya waktu, jenis KB yang kamu gunakan mungkin sudah tidak relevan lagi dengan gaya hidup maupun karena berbagai alasan, kamu ingin mengganti metode ber-KB.

Read More »