Ternyata Ini Alasan Kamala Harris Mengadvokasikan Kontrasepsi

Kamala Harris Mengadovaksi Kontrasepsi

Meski topik kontrasepsi kerap dianggap tabu serta ‘tak pantas dibahas’ oleh perempuan di ranah umum, Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris justru telah lama mengadvokasikannya secara blak-blakan. Posisinya sebagai salah satu figur publik paling influensial sama sekali tidak menghalanginya untuk menyuarakan pendapat mengenai hal-hal yang ia anggap penting. Tentunya, ada sejumlah alasan yang kuat di baliknya. Berikut 3 alasan mengapa Kamala Harris sangat mengadvokasikan kontrasepsi.

Baca Juga: Lima Fakta Menarik Mengenai Klitoris Perempuan dan Alat Kontrasepsi Terbaik untuk Merangsangnya

  • Keyakinan bahwa perempuan berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik
    Kamala Harris dibesarkan dalam keluarga yang sangat peduli terhadap kesehatan perempuan. Berdasarkan unggahan pada akun Twitter pribadinya di bulan Mei 2020 lalu, ia menyebutkan bahwa neneknya telah berkelana ke berbagai penjuru India untuk mengedukasi perempuan mengenai akses terhadap kontrasepsi. Oleh karena itu, ia pun ingin berjuang untuk menyediakan layanan kesehatan yang sifatnya kritis bagi perempuan, termasuk kontrasepsi. “Women deserve better,” ujarnya untuk mengakhiri cuitannya dalam jejaring sosial tersebut.
  • Komitmen untuk mengurangi angka kematian ibu
    Persoalan kematian ibu merupakan permasalahan yang menjadi salah satu fokus Kamala Harris. Di tahun 2019, Kamala Harris memperkenalkan Maternal CARE Act, suatu rancangan kebijakan untuk mengurangi angka kematian ibu di Amerika Serikat. WHO menyebutkan bahwa kehamilan di usia yang terlalu muda serta kehamilan yang terjadi secara berturut-turut tanpa jeda waktu yang cukup merupakan dua penyebab utama kematian ibu. Nah, mensosialisasikan kontrasepsi agar perempuan bisa menunda kehamilan serta mengatur jarak kelahiran merupakan tindakan yang sejalan dengan komitmen tersebut.
  • Prinsip bahwa setiap orang punya otoritas atas tubuhnya sendiri
    Kamala Harris meyakini bahwa setiap orang berhak memiliki otoritas dan membuat keputusan atas tubuh mereka sendiri, termasuk perempuan. Salah satu wujudnya, perempuan berhak membuat keputusan untuk hamil atau tidak hamil. Dalam sebuah cuplikan sidang yang sempat menjadi viral, Kamala Harris pernah memberikan sindiran telak pada lawan bicaranya, Brett Kavanaugh, “Bisakah Anda menyebutkan satu saja peraturan di mana pemerintah diperbolehkan untuk mengatur tubuh laki-laki?”

Baca Juga: Ini Kontrasepsi yang Aman untuk Penderita Diabetes

Tak hanya kontrasepsi, Kamala Harris juga banyak memperjuangkan hak-hak kesehatan reproduksi dan isu kesetaraan gender lainnya. Tak mengherankan bila pada akhirnya banyak yang menjadikannya seorang role model. Bagaimana dengan kamu sendiri? Seperti apa pandanganmu mengenai kontrasepsi? Adakah kebutuhan kontrasepsi teman, keluarga, atau diri sendiri yang belum terpenuhi? Yuk, berkonsultasi dengan HaloDKT! Hubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Segala informasi yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

artikel lainnya