Tiga Tempat Mendapatkan Kontrasepsi Darurat

kontrasepsi darurat

Kontrasepsi darurat merupakan ‘benteng pertahanan’ terakhir yang menjadi andalan ketika hal-hal tidak berjalan sesuai dengan rencana dalam kehidupan seksual perempuan. Dengan adanya kontrasepsi darurat, perempuan bisa mengurangi risiko kehamilan yang tidak direncanakan pasca hubungan seks tanpa pengaman, kegagalan kontrasepsi, atau pemerkosaan (Cleland, Bass, et al., 2016). Kontrasepsi darurat juga bisa dipakai oleh perempuan yang khawatir telah memakai kontrasepsi dengan cara yang salah (WHO, 2021). Sayangnya, belum banyak orang yang mengetahui di mana mereka bisa mendapatkan kontrasepsi darurat. Berikut tiga tempat yang bisa dikunjungi untuk memperolehnya.

Baca Juga: Amankah Berhubungan Seks Lagi Setelah Minum Pil Kontrasepsi Darurat?

  • Apotek
    Apotek biasanya menyediakan kontrasepsi darurat dalam bentuk pil yang mengandung hormon untuk menunda pelepasan sel telur perempuan dari indungnya. Untuk mendapatkannya, kamu perlu menunjukkan resep dokter terlebih dahulu. Tenang aja, di era modern ini, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter melalui berbagai layanan telehealth secara online untuk memperoleh resep dalam situasi mendesak. Cara menggunakan pil kontrasepsi darurat ini adalah dengan diminum dua butir sekaligus maksimal 5 hari pasca hubungan seks tanpa pengaman. Akan tetapi, upayakan untuk meminumnya sesegera mungkin, agar efektivitas pil dalam mencegah kehamilan jadi lebih tinggi. Salah satu alternatif kontrasepsi darurat yaitu Postpil, pil kontrasepsi darurat terpercaya yang sudah teruji keamanan dan keampuhannya. Setiap kemasan Postpil berisikan 2 buah pil, sehingga kamu bisa langsung menggunakannya untuk satu kali kejadian darurat.

  • Rumah Sakit
    Selain di apotek, kontrasepsi darurat pun tersedia di rumah sakit. Tak hanya pil kontrasepsi darurat, rumah sakit juga menyediakan alternatif kontrasepsi darurat lain, yaitu IUD tembaga. IUD tembaga merupakan alat kontrasepsi mungil yang berbentuk seperti huruf T dan ditempatkan oleh dokter atau bidan di dalam rahim. Ini merupakan alat kontrasepsi darurat yang paling efektif (WHO, 2021). Berbeda dengan pil kontrasepsi darurat, IUD tembaga tidak mengandung hormon sama sekali. Cara kerjanya adalah dengan mengeluarkan ion-ion tembaga yang aman bagi tubuh namun toksik bagi sperma, sehingga sperma-sperma yang sudah masuk ke dalam rahim akan mati. Sekali pemasangan, alat kontrasepsi ini bisa memberikan perlindungan dari kehamilan hingga bertahun-tahun, tergantung dari jenisnya. IUD Andalan Cu 375 Sleek dan IUD Andalan Silverline Cu 380 Ag efektif hingga 5 tahun, sementara IUC Andalan TCu 380A bisa dipakai sampai 10 tahun.

  • Tempat Praktek Dokter / Bidan
    Alternatif berikutnya yang bisa dikunjungi untuk mendapatkan kontrasepsi darurat adalah tempat praktek dokter atau bidan. Dibandingkan dengan rumah sakit yang antreannya cenderung lebih panjang, tempat praktek dokter atau bidan biasanya lebih sepi. Di sini, kamu bisa mendapatkan pil kontrasepsi darurat maupun IUD tembaga. Pilihlah dokter atau bidan yang membuat kamu merasa nyaman, sebab memiliki rasa nyaman itu penting ketika kamu ingin melakukan konsultasi kesehatan reproduksi dan kontrasepsi. Kamu juga bisa menggunakan jasa Bidan Andalan yang terpercaya.

Baca Juga: Macam-macam Kontrasepsi Darurat yang Direkomendasikan WHO, Apa Saja?

Jadi, itulah tiga tempat yang bisa dikunjungi untuk mendapatkan kontrasepsi darurat. Semoga informasi ini dapat membantumu, ya! Selain itu, jika kamu masih punya pertanyaan lebih lanjut mengenai topik ini, kamu bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Tak perlu ragu untuk berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya