Tips untuk Mengendalikan Ejakulasi agar Tak Cepat Klimaks

tips ejakulasi

Seorang pria disebut mengalami ejakulasi dini jika orgasme dalam satu menit setelah dirangsang secara seksual dan biasanya tidak dapat menundanya. Hal ini bisa membuat frustasi karena pasangannya jadi tidak bisa mencapai kepuasan seksual.

Sebuah penelitian yang melibatkan 500 pasangan menemukan waktu rata-rata pria untuk ejakulasi adalah sekitar 5 setengah menit setelah mulai berhubungan seks.

Pedoman internasional mendefinisikan ejakulasi dini sebagai ejakulasi dalam waktu satu menit setelah melakukan penetrasi, dan terjadi berulang ketika berhubungan seksual.

Baca Juga: Masturbasi Bisa Menunda Ejakulasi

Namun, terserah kamu dan pasangan untuk memutuskan apakah cukup puas dengan waktu yang dibutuhkan untuk ejakulasi.

Jika waktu ejakulasi terlalu cepat malah menyebabkan kamu terus-menerus tertekan maka itu adalah masalah yang harus diatasi.

Ada 2 jenis ejakulasi dini:

  1. Ejakulasi dini primer – yakni ketika kamu selalu memiliki masalah klimaks lebih cepat saat berhubungan seks.
  2. Ejakulasi dini sekunder (atau “ejakulasi dini yang didapat”) – yaitu ketika kamu baru saja mengalami masalah ini dan sebelumnya baik-baik saja.

Jika ejakulasi dini kamu disebabkan oleh kondisi fisik, mengobati kondisi yang mendasarinya akan membantu. Dokter umum atau dokter urologi dapat menyarankan kemungkinan pilihan pengobatan yang tepat.

Mengobati ejakulasi dini yang disebabkan oleh faktor psikologis bisa lebih menantang. Tapi kebanyakan pria yang tepat menjalani pengobatan pada akhirnya bisa mengatasi masalahnya.

Terapi mandiri

Ada sejumlah terapi mandiri yang bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi sensasi seksual dan memperlambat datangnya ejakulasi. Terapi ini bisa kita coba sebelum mencari pertolongan medis.

Terapi mandiri untuk ejakulasi dini meliputi:

  • Masturbasi 1-2 jam sebelum berhubungan seks. Jika belum mengalami ejakulasi baru-baru ini, kemungkinan besar kamu akan mengalami ejakulasi lebih cepat saat berhubungan seks.
  • Menggunakan kondom untuk mengurangi sensasi. Beberapa kondom dirancang untuk memperlama daya tahan penis sehingga tidak mudah ‎terstimulasi rangsangan seksual. Kondom yang dimaksud adalah kondom yang diberi lapisan ‎pemati rasa, untuk membuat permukaan penis sedikit mati rasa.
  • Melatih nafas panjang supaya kita bisa membatalkan refleks ejakulatori (refleks tubuh yang terjadi saat ejakulasi).
  • Berhubungan seks dengan posisi woman on top (sehingga pasangan bisa menarik diri ketika kamu hampir ejakulasi).
  • Mengambil jeda di tengah hubungan seks dan mengalihkan pikiran dengan melakukan sesuatu yang berbeda.
  • Melakukan teknik perasan (squeeze), yaitu saat ejakulasi sudah dekat, penis ditarik dan kepala penis ditekan sampai rasa ejakulasi berlalu, setelah itu hubungan seksual dilanjutkan. Meskipun efektif, metode ini menyebabkan interupsi gangguan seksual, sehingga menuntut pasangan yang sangat kooperatif.
  • Latihan kegel. Para ahli menyarankan untuk latihan kegel secara rutin. Latihan ini bertujuan memperkuat otot-otot dasar panggul yang sangat penting dilakukan bagi mereka yang mengalami ejakulasi dini kronis. Sebab otot dasar panggul yang lemah terkadang berkontribusi munculnya ejakulasi dini.

Langkah-langkah di atas mesti dilakukan secara rutin dan penuh kesabaran. Sebab, hasilnya tentu saja tidaklah instan. Butuh waktu beberapa minggu atau bahkan bulan untuk merasakan manfaatnya.

Baca Juga: Stop Mengatasi Ejakulasi dengan Pasta Gigi!

Konseling hubungan

Melakukan konseling pasangan juga bisa membantu. Kamu akan didorong untuk mengeksplorasi masalah yang mungkin memengaruhi hubungan dengan pasangan dan diberi saran tentang cara mengatasinya.

Tips terakhir adalah menikmati hubungan seksual, rileks dan santai. Kurangi ketegangan dan dan biarkan seks menjadi aktivitas yang menyenangkan. Ingat bahwa bukan hanya kamu yang mengalami masalah ini. Sekitar 30% pria di dunia setidaknya pernah mengalami masalah ejakulasi ini, bahkan sebagian bertahan seumur hidup.

Ingin mengetahui lebih banyak tentang cara mengatasi ejakulasi dini?. Kamu bisa juga berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomor Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 dan juga link bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya

keunggulan kondom

4 Keunggulan Kondom Berbahan Lateks

Kondom berbahan lateks memiliki pori-pori yang sangat kecil sehingga transmisi segala mikroba atau patogen bisa diminimalisir. Fungsi kondom sebagai kontrasepsi dan mencegah terjadinya infeksi menular

Read More »