Tujuh Tanda saatnya Kamu Beralih ke Menstrual Cup

beralih-ke-menstrual-cup

Ingin beralih ke menstrual cup? Tujuh tanda ini mungkin bisa membantumu memantapkan keputusan.

Mungkin kamu menyadari, makin banyak orang di sekitarmu—adik, kakak, sahabat—yang beralih ke menstrual cup. Alasannya tentu bermacam-macam: menstrual cup lebih praktis, hemat, ramah lingkungan, dan lain-lain.

Pembalut, tampon, dan menstrual cup memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan pilihan terhadap produk menstruasi adalah personal. Semua kembali lagi ke kenyamanan dan preferensi tiap orang.

Baca Juga: Memakai Menstrual Cup saat Bersenggama, Memang Bisa?

Apakah kamu sedang mempertimbangkan untuk beralih ke menstrual cup? Tujuh hal berikut ini bisa menjadi tanda, sudah saatnya kamu melaksanakan niat itu.

7 Tanda saatnya Beralih ke Menstrual Cup

  1. Bosan cuci dan ganti tiap 4 jam
    Menstruasi bukanlah halangan bagi kita perempuan, untuk bekerja dan beraktivitas seperti biasa. Namun tentu saja, kita harus menjaga kebersihan organ intim dengan mengganti pembalut secara berkala, untuk mencegah bakteri berkembang biak di bawah sana. Bila kamu merasa bosan harus mencuci dan mengganti pembalut setiap 4 jam dan ingin sesuatu yang lebih praktis, menstrual cup bisa menjadi pilihanmu.

  2. Malas bangun tengah malam
    Kita biasa memakai pembalut ekstra panjang di malam hari, agar tak perlu khawatir bocor, dan waktu tidur terganggu karena harus mengganti pembalut tengah malam. Namun tetap saja, kadang bocor tak terhindarkan. Atau mendadak kita merasa darah keluar dengan deras, sehingga kita langsung ke kamar mandi untuk berganti pembalut.

    Salah satu keunggulan menstrual cup, bisa dipakai sampai 12 jam. Juga aman lho dipakai saat tidur. Jadi kita bisa tidur dengan lebih nyaman, tanpa perasaan was-was.

  3. Ingin mengurangi sampah
    Pastinya kita risih melihat sampah yang makin menggunung, dan berserakan di laut. Dan harus diakui, sampah pembalut sangatlah banyak. Dalam sebulan saja, kita bisa memakai sekitar 25 pembalut. Dengan perhitungan 5 pembalut sehari, selama 5 hari menstruasi. Bayangkan betapa banyak sampah pembalut yang kita hasilkan dalam setahun. Beralih ke menstrual cup adalah opsi yang sangat efektif untuk kamu yang ingin mengurangi sampah, dan mulai menerapkan pola hidup zero waste.

  4. Ingin lebih hemat
    Harga menstrual cup memang tidak murah. Namun kamu cukup membeli sekali, untuk dipakai selama bertahun-tahun. Bahkan ada yang bisa dipakai sampai 10 tahun. Bayangkan berapa banyak uang yang bisa kamu hemat.

  5. Tidak ingin ribet saat traveling
    Saat traveling, pasti malas sekali kalau harus mencari toilet umum tiap 4 jam untuk mengganti pembalut. Pastinya lebih praktis bila memakai menstrual cup. Apalagi, menstrual cup bisa dipakai berenang.

  6. Jenuh berurusan dengan bocor dan tembus
    Berbeda dengan pembalut yang menyerap darah haid, menstrual cup menampung darah haid sehingga tidak ada risiko darah merembes keluar. Di liang vagina, ia bekerja dengan menciptakan “daya segel” pada otot-otot dinding vagina, sehingga darah tertampung dengan baik tanpa risiko “bocor”.

  7. Ingin lebih mengenal tubuh
    Memakai menstrual cup perlu belajar dulu. Sebelumnya, kamu perlu mengenali dulu anatomi vaginamu, untuk menentukan ukuran cup yang sesuai. Kamu harus berani memasukkan jari, untuk menilai ketinggian serviks. Setelahnya, kamu masih harus belajar cara memasukkan menstrual cup, dan memposisikannya dengan nyaman di dalam vagina. Keseluruhan proses ini akan membuatmu lebih mengenal tubuh sendiri. Kamu juga benar-benar menyadari bahwa tubuh setiap orang itu berbeda dan unik, sehingga kamu lebih menghargai tubuhmu sendiri.

Menstruasi adalah hal yang sangat alami, dan tidak ada satu alasan pun untuk merasa malu terhadap siklus bulanan ini. Tentu saja kamu tak perlu memaksakan diri memakai menstrual cup hanya karena terpengaruh orang lain. Sebaliknya bila kamu sudah yakin untuk beralih ke menstrual cup, lakukanlah riset mendalam untuk tiap merk, sebelum kamu membelinya. Saat pertama kali mencoba menstrual cup, kamu bisa menggunakan lubrikan berbasis air saat pagar lebih mudah dan nyaman. Ada Fiesta Lubricant Gel, atau Fiesta Intimate Lubricant yang bisa kamu pilih.

Baca Juga: 8 Teknik Melipat Menstrual Cup Biar Bebas Sakit Saat Dipakai

Kamu bisa berkonsultasi ke Halo DKT seputar permasalahan menstruasi, dengan menghubungi Halo DKT di nomor WhatsApp 0811-1-326459, atau melalui link: https://bit.ly/halodktwhatsapp, pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Jangan khawatir karena segala informasi yang kamu sampaikan bersifat rahasia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya

ganti-pengaman

Cara Aman Ganti Pengaman

Seiring berjalannya waktu, jenis KB yang kamu gunakan mungkin sudah tidak relevan lagi dengan gaya hidup maupun karena berbagai alasan, kamu ingin mengganti metode ber-KB.

Read More »