Waspadai Infeksi Menular Seksual Herpes Genital, Sekali Kena Mendekam Seumur Hidup di Tubuh

infeksi-menular-seksual-herpes

Jangan lengah, infeksi menular seksual herpes genital bisa tetap menular meski tidak ada gejala apapun.

Infeksi menular seksual herpes genital adalah momok yang sangat menakutkan. Bagaimana tidak. Sekali kita kena, virus penyebabnya tidak akan pernah hilang dari tubuh. dia bersembunyi di saraf, dan bisa bangkit sewaktu-waktu. Belum lagi stigma yang ditimbulkan penyakit ini.

Baca Juga: Penting Diketahui, Ini Cara Terbaik Mencegah Infeksi Menular Seksual

Herpes genital atau herpes kelamin disebabkan oleh virus Herpes simplex (HSV). Ada dua tipe HSV: tipe 1 yang biasa mengenai area bibir dan menimbulkan lenting-lenting seperti sariawan yang hilang timbul, dan tipe 2 yang umumnya menyerang daerah pinggang ke bawah, termasuk area genital. Meski sekarang, HSV tipe 1 juga kerap ditemui di area genital dan sebaliknya HSV tipe 2 di area mulut, karena makin umumnya praktik seks oral.

Hubungan seks memang merupakan faktor risiko utama penularan herpes simpleks, baik HSV 1 maupun 2. Seperti halnya gonore, penularan herpes genital harus dengan kontak langsung selaput lendir ke selaput lendir. Jadi jangan khawatir, kamu tidak akan terkena infeksi menular seksual herpes genital melalui toilet, atau memakai pakaian penderita herpes genital.

Infeksi Menular Seksual Herpes Genital Belum Ada Obatnya

Hingga saat ini, belum ada obat yang bisa mematikan virus HSV. Obat-obat yang ada ‘hanya’ berfungsi untuk mengurangi rasa sakit, mempercepat penyembuhan, dan menjarangkan kekambuhan. Sekali kita terkena herpes genital, virus akan mendekam seumur hidup di tubuh, tidak pernah hilang.

Ketika pertama kali masuk ke tubuh, HSV akan beredar dalam sirkulasi darah. Saat inilah biasanya muncul gejala. Bisa timbul lenting-lenting di area genital yang sangat nyeri, hingga berjalan pun susah. Kadang, lesi herpes genital tidak tipikal. Bisa hanya tampak seperti bercak merah, atau luka memanjang yang berulang. Pada fase awal ini, dokter akan memberi obat untuk mengurangi jumlah virus, sehingga bisa mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan.

Setelah itu, virus akan bersembunyi di saraf, dan tidak menimbulkan gejala apa-apa (asimtomatik). Namun jangan salah. Meski tidak bergejala, virus tetap dilepaskan di area genital. Ini yang sering disalahpahami. Karena tidak sakit, orang merasa aman dan menganggap tidak akan menulari pasangan dengan penyakitnya. Padahal justru penularan paling sering terjadi saat tidak ada gejala. Ya, karena orang lengah sehingga tidak melakukan hubungan seks dengan aman.

Herpes simpleks sering kambuh dalam 1-2 tahun pertama, terutama yang tipe 2 (herpes genital). Pemicu kekambuhan antara lain stres, kecapekan, daya tahan tubuh menurun, dan menstruasi pada perempuan.

Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati

Infeksi menular seksual herpes genital tak hanya menimbulkan nyeri dan stigma, tapi juga membutuhkan biaya besar. Itu pun tetap tidak bisa sembuh. Untuk terapi supresi misalnya, obat harus diminum setiap hari selama 1 tahun penuh. Belum lagi pemeriksaan lab yang biayanya cukup besar.

Melakukan hubungan seks yang aman adalah salah satu cara mencegah penularan HSV. Sangat disarankan memakai kondom, sekalipun kamu berhubungan dengan pasangan yang sah, dan masing-masing setia dengan pasangannya. Apalagi pada hubungan seksual yang berisiko. Condom is a must! Meski tetap ada risiko penularan, karena ada bagian yang tidak tertutup kondom. Ada baiknya juga memakai kondom saat melakukan seks oral.

Baca Juga: Kok Perempuan Lebih Rentan Alami Infeksi Menular Seksual? Ini Alasannya

Berbagai pilihan kondom dari Andalan bisa membantu mencegah penularan infeksi menular seksual herpes genital. Kamu bisa memilih Sutra, Fiesta, atau Supreme sesuai selera dan kenyamanan. Kamu juga bisa lho berkonsultasi seputar kesehatan organ genital ke Halo DKT dengan menghubungi Halo DKT di nomor WhatsApp 0811-1-326459, atau melalui link: https://bit.ly/halodktwhatsapp, pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Jangan khawatir karena segala informasi yang kamu sampaikan bersifat rahasia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya